BPJS Ketenagakerjaan optimalkan kepesertaan dengan OSS

id Bpjs tk,BPJS Ketenagakerjaan,berita riau antara,berita riau terbaru

BPJS Ketenagakerjaan hanya memiliki satu aplikasi resmi yaitu 'BPJSTKU' (Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan lakukan implementasi proses bisnis pendaftaran kepesertaan program melalui perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission (OSS), guna memaksimalkan perlindungan tenaga kerja.

"Salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam penggunaan OSS ini, adalah perusahaan tersebut telah mendaftarkan pekerja atau karyawannya ke BPJS Ketenagakerjaan, dengan demikian kami bisa memaksimalkan keikutsertaan karyawan dalam perlindungan tenaga kerja," kata Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbarriau, Budiono kepada antara di Pekanbaru, Jumat.

Budiono menjelaskan bahwa melalui OSS pendaftaran kepesertaan program jaminan sosial ketenagakerjaan dapat dilakukan secara sel-assesment atau madiri oleh pemberi kerja/badan usaha baik ketika pengurusan izin usaha baru maupun perpanjangan izin usaha.

Hal ini selain sangat memudahkan juga memberikan kepastian atas perlindungan jaminan social bagi pekerja.

"Dimana sesuai PP No.24 tahun 2018 tentang Perizinan Berusaha yang dilaksanakan melalui OSS membutuhkan bukti kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sebagai salah satu syarat dalam pengurusan Perizinan Usaha," ujar Budiono.

Selanjutnya Budiono menyatakan, untuk pendaftar peserta cukup mengakses online di situs www.oss.go.id.

"Pemberi kerja / badan usaha wajib melengkapi data perusahaan dan data tenaga kerja secara lengkap sesuai dengan peraturan bpjs ketenagakerjaan nomor 4 tahun 2018 tentang pendaftaran kepesertaan program jaminan sosial ketenagakerjaan melalui perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik dan membayar iuran sesuai ketentuan," terangya.

"Kami juga menempatkan petugas di perizinan berusaha terintegrasi pada setiap kota dan kabupaten untuk mempermudah pemberi kerja atau badan usaha," imbuhnya.

Dengan demikian harapannya seluruh pekerja mudah dan aman bisa terlindungi, kami juga sudah mengistruksikan seluruh cabang wilayah kerja jajaran di provinsi Riau , Kepulauan Riau dan Sumatera Barat, untuk melakukan sosialisasi dan Koordinasi di daerah masing - masing dengan stakeholder perihal tersebut, dan terus memberikan edukasi tentang manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan waspadai penipuan lewat layanan BPJSTKU

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru Panam selenggarakan pasar murah
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar