Kisah hijab Presenter Nycta Gina

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,Nycta Gina, hijab

Presenter Nycta Gina usai menghadiri sebuah acara di Jakarta, belum lama ini. (ANTARA News/Lia Wanadriani Santosa)

Jakarta (ANTARA) - Presenter Ncyta Gina sejak dua tahun terakhir mantap memutuskan berhijab. Terlepas dari berbagai kekhawatirannya, ternyata ada satu hal yang menguatkan Gina melaksanakan salah satu ajaran Islam itu.

Apakah itu? Berikut petikan bincang-bincang bersama istri presenter Rizky Kinoz itu di Jakarta belum lama ini:

Apa yang membuat mantap berhijab?

Aku berhijab di bulan Ramadhan, dua tahun lalu, setelah aku punya anak pertama. Ada satu doa yang berhubungan dengan anak akulah. Waktu itu masalah ini bikin hidup aku kayak down banget, jadi sempet berdoa sama Allah kalau doa aku dikabulkan Insha Allah aku mau mantapin hati untuk berhijab.

Sudah berkali-kali mau berhijab-berhijab sampai satu kali yasudah, Alhamdulillah doanya waktu itu dijawab sama Allah, dijawab seperti yang aku mau gitu, jadi aku merasa kayaknya ini sudah saatnya, berhijab dari Allah.

Sempat ada tentangan?

Enggak ada sama sekali, dulu kebetulan memang dari kenal sama Kinos sampai aku menikah, Kinos itu orangnya enggak suka banget ngeliat baju terbuka banget, jadi bener-bener harus tertutup sedangkan aku dulu kayak pakai rok mini.

Begitu kenal sama dia aku harus tertutup semua, yang di otak, gini tinggal hijaban aja, selentingan begitu sudah sering. Sampai akhirnya aku juga sempet ngobrol kayak ke mama papa. Ya mereka terserah aku.

Baca juga: Natasha Rizki Ungkapkan Banyak Godaan Setelah Pakai Hijab

Kayak ke suami pokoknya "Mas, aku berhijab boleh", ya kayak gitu-gitu, yang penting kata boleh keluar dari mulut dia, sampai satu hari dia pulang syuting dia mau pergi, tau-tau aku pakai hijab, "Hah, kamu pakai hijab", aku bilang, "iya, mulai hari ini".

Bagi Gina apa makna berhijab?

Aku merasa berhijab itu kayak orang lagi di garis start, terus abis itu aku sampai ke finish, karena maksudnya salah satu yang diajarkan dalam Islam, kayak wanita harus menutup auratnya.

Jadi dari dulu aku sudah ingin berhijab, tapi kayak masih kerjaan haduh bisa enggak ya segala macem, jadi kayak ini salah satu pencapaian aku digaris finish menggunakan hijab.

Pekerjaan berkurang karena berhijab?

Alhamdulillah kerjaan tidak berkurang sih setelah berhijab.

Kiat dari Gina untuk perempuan yang mau berhijab?

Menurut aku berhijab itu hidayah dan kayak enggak bisa dipaksakan. Jadi setiap orang kayaknya kalau berhijab punya obrolan masing-masing, sampai akhirnya mereka berhijab, termasuk aku juga punya cerita begitu.

Aku anti banget memaksa orang buat berhijab. Kalau belum punya keyakinan untuk berhijab mendingan jangan, kan ada orang yang kayak duh belumlah, hijabin hati aja. Kalau kita harusnya begini, "Enggak deh lebih baik kayak berhijab atas dasar kayak kamu menemukan hidayah sendiri".

Menurut Gina, berhijab sudah termasuk berhijrah?

Bisa dibilang dari enggak berhijab menjadi berhijab itu salah satu hijrah. Tapi bukan hihrah yang utama sih. Jadi kalau buat aku ya harus paket komplit. Bener-bener berhijab tapi juga attitudenya mencerminkan orang berhijab.

Pokoknya hubungan dengan Allah dengan manusianya juga harus benar-benar diperbaiki baru itu hijrah yang sesungguhnya sih menurut aku.

Gaya Gina berhijab seperti apa?

Aku tuh pake hijab modelnya sesimple ini. Biasanya baju juga santai-santai. Tapi aku enggak bisa pakau baju yang ketat-ketat, agak risih. Pokoknya belum sampai ke syar'i.

Baca juga: AS Turunkan Atlet Perempuan Pertama Mengenakan Hijab Di Olimpiade Rio

Baca juga: Ingin Jadi Hijab Traveler, Ini Tips Untuk Anda


Pewarta: Lia Wanadriani Santosa

Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar