Azali Johan: Pramuka harus bisa berprestasi

id Pertamina RU II Sungai Pakning,pramuka,berita riau antara,berita riau bengkalis,berita hari ini,berita riau terbaru,berita riau terkini

Azali Johan: Pramuka harus bisa berprestasi

Ketua Kwartir Pramuka Provinsi Ria Azali Johan ketika membuka Perkemahan Galaksi di Pertamina RU II Sungai Pakning

Bengkalis, Riau (ANTARA) - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Riau Azali Johan mengharapkan kepada peserta Perkemahan Gelanggang Pramuka Berprestasi (Galaksi) untuk dapat mengukir prestasi dalam kegiatan yang dilaksanakan saat ini.

"Saya bangga dengan Kwarcab Bengkalis dan juga panitia pelaksana bersama Pertamina RU II Pakning ini, karena bisa menyelenggarakan kegiatan seramai ini, apalagi tema kegiatan ini mengenai Prestasi, maka dari itu saya dengan lantang menyampaikan Salam Pramuka agar peserta yang ikut kegiatan ini bisa semakin berprestasi," ujar Azali Johan ketika membuka acara perkemahan yang dilaksanakan di Telaga Suri Pertamina RU II Sungai Pakning, Kamis.

Mantan Bupati Bengkalis ini berharapa kepada pihak penyelenggara agar kegiatan serupa dapat ditingkatkan lagi. Frekuensi penyelenggaraan kemah dapat ditambah menjadi lebih sering.

"Saya mengimbau agar hasil positif yang diperoleh dalam kegiatan perkemahan ini bisa dijadikan pengalaman. Setelahnya, para peserta harus dapat menjadi pelopor serta motivator dalam kehidupan lingkungan gugus depan maupun lingkungan masyarakat," pesannya.

Baca juga: Bupati Berharap Pramuka Menjadi Garda Terdepan Perekat Persatuan NKRI

Azali Johan yang juga dengan lantang meneriakkan "Salam Pramuka" dan "Tepuk Pramuka" kepada ratusan peserta yang ada dilapangan upacara tersebut, serta dibalas dengan gemuruhnya suara peserta meneriakkan kembali Salam yang menjadi kebanggaan Gerakan Pramuka.

General Affair Pertamina RU II Sungai Pakning Rahmad Hidayat mengatakan bahwa pihaknya akan senantiasa berkomitmen untuk terus memperhatikan dan mengakomodir kegiatan pramuka di Kabupaten Bengkalis kususnya dan provinsi Riau secara umum.

"Pertamina RU II Sungai Pakning punya komitmen yang kiat dalam memperhatikan serta mengakomodir kegiatan pendidikan salah satunya pramuka ini, apalagi kita sudah memiliki tempat yang representatif yaitu Telaga Suri Perdana ini cukup asri dan indah, sehingga kegiatan perkemahan selalu dipusatkan di sini," ujar Rahmad.

Ketua Panitia Pelaksana Muhamamad Ali Putih dalam laporannya memaparkan jumlah peserta yang mengikuti perkemahan Galaksi tersebut sebanyak 158 orang penegak / pandega, 212 orang penggalang dan 120 orang siaga, total peserta perkemahan Galaksi sebanyak 460 orang yang merupakan siswa bersama pembina dan pendamping dari setiap Kecamatan dan sekolah.

Baca juga: Dua siswi Pramuka tewas tenggelam saat lintas alam

Pada kegiatan perkemahan ini juga terdapat serangkaian kegiatan lainnya berupa penyampaian materi Ketangkasan Pramuka, Semaphore, Morse, Hiking atau Pengembaraan, Simpul, Ikatan dan Bangunan Darurat, dan beberapa kegiatan lainnya.

"Kemah Galaksi ini merupakan ajang penguatan mental dan kepribadian, selain kecakapan hidup, dimensi spiritual peserta juga terus dibangun melalui kegiatan ibadah bersama, dan kami juga mengajarkan bagaimana bisa bertanggung jawab melaksanakan sesuatu, serta kekompakan dalam tim harus dijaga," jelas Ali.

Turut hadir pada acara tersebut selain ketua kwartir daerah gerakan pramuka dan rombongan juga terlihat pengurus kwartir pramuka cabang Bengkalis Reza Pahlevi Thohir, Ketua KONI Kabupaten Bengkalis Darma Firdaus dan jajarannya. Geneeal Affair Pertamina RU II Sungai Pakning Rahmad Hidayat, Kapolsek Bukit Batu, perwakilan camat, panitia pelaksana, sejumlah kepala desa dan ratusan peserta perkemahan.

Baca juga: Bupati sarankan Pramuka terapkan penghargaan untuk peserta aktif