BPBD: Karhutla di Bengkalis saat ini tahap pendinginan

id KArhutla Bengkalis,karhutla riau,karhutla 2019,berita hari ini,jumlah titik panas hari ini,berita riau terkini,berita riau terbaru,berita riau antara,

Aparat TNI dan MPA berjibaku memadamkan api yang menghanguskan ratusan hektare lahan perkebunan masyarakat di desa Ketam Putih Kecamatan Bengkalis. (Antaranews/Alfisnardo)

Bengkalis, Riau (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis Riau bersama TNI, Polri, Damkar, Perusahaan dan masyarakat melakukan pendinginan terhadap Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di sejumlah Kecamatan bebearpa hari yang lalu.

"Alhamdulillah, sejumlah lokasi yang terbakar saat ini dalam tahap pendinginan oleh tim yang sudah beberapa hari berjibaku memadamkan api dilokasi yang terbakar," ujar Kepala BPBD Kabupaten Bengkalis Tajul Mudaris saat dihubungi, Jumat.

Baca juga: Sejumlah daerah sudah hujan, Titik Panas indikasi Karhutla di Riau turun drastis

Dikatakannya, luas yang terbakar di wilayah Kabupaten Bengkalis mencapai ratusan hektar dan pada umumnya lokasi merupakan tanah gambut dan ada juga tanah liat.

"Untuk wilayah Kecamatan Bengkalis lokasi yang terbakar diantaranya di Desa Sungai Batang, Ketam Putih, Penebal dan luas yang terbakar diperkirakan mencapai seratusan hektar," ungkap Tajul.

Untuk lokasi yang terbakar di Kecamatan Bathin Solapan ada dua lokasi yang terbakar merupakan lahan milik masyarakat, api saat ini sudah padam dan dalam tahap pendinginan.

"Dua lokasi Karhutla tersebut di Desa Bulu Manis dan Desa Simpang Padang Kecamatan Bahtin Solapan Berbatasan dengan Mandau, diperkirakan luas yang terbakar mecapai puluhan hektar," kata Tajul.

Baca juga: Akibat Jerebu Karhutla pekat, 46 calon penumpang batal terbang di Bandara Dumai

Sedangkan untuk wilayah di Kecamatan Siak Kecil, Karhutla terjadi di Dusun Mertas Desa Muara Dua dan Dusun Bangun Rejo Desa Sadar Jaya. lokasi yang terbakar merupakan lahan gambut, Kelapa sawit dan lahan kosong yang merupakan milik masyarakat.

"Personil yang turun dalam memadamkan Karhutla dari Pusdatin, TNI, Polri , Kepala Desa dan Masyarakat, sarana dan prasanan yang digunakan mesin robin dan peralatan pendukung lainnya," kata mantan Sekretaris Bappeda ini,

Untuk KEcamatan Bantan, Karhutla terjadi di Desa Teluk Papal hingga sore telah dilakukan pendinginan oleh petugas agar api tidak kembali hidup dan berkoordinasi bersama TNI, POLRI dan Damkar, Kades Desa Pambang Pesisir, Desa Ulu pulau, Desa Kembung baru, Desa Kembung Luar, Desa Jangkang, Desa Berancah

"Untuk wilayah Kecamatan Rupat, lokasi Karhutla di Desa Dungun Baru dan Kelurahan Batupanjang dan Dusun 1 Desa Sri Tanjung juga sudah padam," kata Tajul.

Baca juga: Vidio - Ratusan hektare lahan perkebunan warga di Bengkalis ludes akibat Karhutla

Baca juga: Diprotes di UNRI soal Karhutla, Gubernur Riau tetap semangati mahasiswa


Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar