Pemkab Bengkalis Optimistis Capai Target Penanaman Padi

id pemkab bengkalis, optimistis capai, target penanaman padi

Pemkab Bengkalis Optimistis Capai Target Penanaman Padi

Bengkalis (Antarariau.com) - Dinas Pertanian Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, optimistis mencapai target penanaman padi, yang ditetapkan pemerintah pusat, pada 2018 seluas 6.000 hektare.

"Target pusat untuk luas tanam padi adalah 6.000 hektare, hingga Juli sudah tertanam 5.512 hektare, yang terbagi di delapan kecamatan Kabupaten Bengkalis. Jadi, kami optimistis mencapai target," ujar Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Bengkalis Otot Hariyo Purwokoto di Bengkalis, Jumat.

Dikatakannya, target yang diberikan tersebut akan tercapai mengingat untuk musim tanam ada dua kali dalam satu tahun.

"Para petani akan membuka lahan baru untuk musim tanam dua kali dalam setahun, yakni bulan April-September dan Oktober-Maret," ungkapnya.

Untuk musim tanam April hingga September sudah terealiasi seluas 2.775 hektare atau 100 persen, sedangkan untuk musim tanam padi kedua baru seluas 2.737 hektare.

"Totalnya mencapai seluas 5.512 hektare hingga bulan ini, diperkirakan hinga akhir tahun nanti luas tanam padi tersebut bertambah," jelasnya lagi.

Kementerian Pertanian memiliki program upaya khusus (upsus) swasembada pangan dengan fokus tiga komoditas yakni padi, jagung, dan kedelai.

"Dalam upsus, Kementan tidak hanya meningkatkan luas tanam, tapi juga produktivitas daerah sentra-sentra pangan," paparnya.

Ditambahkannya untuk target tanam jagung 461 hektare, sudeah terealisasi 111,5 hektare dan kedelai, dari target tanam 100 hektare, baru terealisasi empat hektare.

"Untuk jenis Jagung dan kedelai ini kelompok tani mendapatkan bantuan benih dan pupuk dari pemerintah yang berada di Kecamatan Bantan, Rupat, Mandau dan Pinggir," kata Otot.