BKD Meranti Luncurkan Aplikasi E-Sagu untuk Akses Data Pegawai

id bkd meranti, luncurkan aplikasi, e-sagu untuk, akses data pegawai

BKD Meranti Luncurkan Aplikasi E-Sagu untuk Akses Data Pegawai

Al Amin

Selatpanjang, (Antarariau.com) - Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau membangun sebuah aplikasi untuk memudahkan urusan kepegawaian dengan Sistem Aplikasi Generasi Unggulan, atau disingkat e-sagu, yang bisa diakses lewat gawai masing-masing Aparatur Sipil Negara setempat..

Kepala Bidang Mutasi BKD Kepulauan Meranti, Heri Saputra, di Selatpanjang, Selasa, menerangkan aplikasi tersebut merupakan kerjasama pihaknya bersama Tim IT Bagian Komunikasi dan Informasi Sekretariat Daerah.

"Lewat aplikasi ini nantinya seluruh database pegawai bisa diakses lewat digital," kata Heri.

Menurutnya aplikasi e-sagu tersebut merupakan bentuk komitmen Pemkab Kepulauan Meranti dalam rangka memberikan pelayanan, cepat, mudah dan transparan.

"Agar mewujudkan manajemen kepegawaian yang terintegrasi dan berbasis teknologi informasi," jelasnya.

Dia mencontohkan, selama ini para pegawai banyak yang kesulitan dalam mengurus administrasi kenaikan pangkat dan lain-lain hingga menghabiskan waktu dan tenaga.

"Akhirnya tugas utama mereka dalam urusan pelayanan publik jadi terpengaruh karena urusan personal," ujarnya.

Saat ini pihak BKD sedang dalam proses memasukkan data base PNS di Kepulauan Meranti dan ditargetkan bulan Juli mendatang aplikasi e-sagu sudah bisa digunakan.

"PNS bisa mengecek datanya sendiri lewat smartphone dengan menggunakan akun pribadi, bisa diunduh lewat playstore, saat ini progressnya sudah 60%," jelas Heri.

Selain efisiensi waktu pengurusan, yang mendasari BKD mengembangkan aplikasi ini kata Heri adalah permasalahan berkas yang terus menumpuk dan sistem antri yang tidak berkesudahan.

"Dengan aplikasi ini nantinya kita tidak butuh kertas lagi, cukup dengan sekali klik maka semua database pegawai bisa diakses baik untuk melakukan monitoring dan bahan promosi jabatan," sebut Kabid Mutasi BKD Kepulauan Meranti itu.