Puluhan Penonton Pingsan Saat Menyaksikan Konser Noah

id puluhan penonton, pingsan saat, menyaksikan konser noah

Puluhan Penonton Pingsan Saat Menyaksikan Konser Noah

Ternate (Antarariau.com)- Sedikitnya 48 penonton pingsan saat menyaksikan konser Noah Band di lapangan pelabuhan perikanan nusantara (PPN) Bastiong, dalam rangkaian Hari Jadi Ternate (HJT) yang ke-766 pada Selasa (20/12) malam.

"Dari 48 penonton yang pingsan itu akibat kekurangan oksigen, sedangkan delapan lainnya harus mendapatkan penanganan medis di RSUD," kata Koordinator Tim Penanganan Medis, Wawan Kurniawan di Ternate, Selasa.

Menurut dia, konser yang disaksikan ribuan penonton itu pingsan karena berdesak-desakan dan kondisi tubuh lemah mengakibatkan harus mendapatkan penanganan medis.

Kendati demikian, dirinya mengakui puluhan penonton tersebut langsung mendapatkan pelayanan dari tim medis baik dari PMI setempat maupun petugas medis dari Dinas Kesehatan Kota Ternate yang telah menyiapkan mobil ambulance di area konser Noah Band.

Konser yang disaksikan Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman dan Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim itu juga mengakibatkan sedikitnya delapan orang anak hilang karena ditinggal orang tuanya saat konser berlangsung.

"Delapan org anak hilang itu, tiga diantaranya bernama Dani, Vincent warga Mangga Dua dan dan Iwan kalumata yang rata-rata merupakan siswa SD masih menunggu orang tuanya," kata Wawan.

Konser yang disaksikan ribuan penonton dari berbagai daerah di Maluku Utara itu dijaga ketat 330 polisi dan anggota TNI bersama Satpol PP Kota Ternate mengamankan konser grup musik papan atas Noah

Sementara itu, Kabag Ops Polres Ternate, Kompol Ibnu Hajar, ketika dihubungi sebelumnya mengakui, pihaknya menyiapkan pengamanan konser Noah di Ternate dengan menjalin koordinasi dengan berbagai pihak, terutama panitia penyelenggara

Dia mengatakan, personil tersebut terdiri dari masing - maisng satu pleton Brimob, Dalmas maupun Raimas Polda Maluku Utara serta sisanya dari Polres Ternate.

Jumlah itu, bakal bertambah dengan adanya bantuan dari Kodim 1501 sebanyak 120 personil dan lokasi konser ini merupakan tempat baru bagi pihaknya melakukan pengamanan, Sebab, sebelumnya hanya dilakukan di lapangan Ngaralamo Salero maupun Gelora Kieraha.

Ketua Panitia HJT Nuryadin Rahman ketika dihubungi mengatakan, alasan pemindahan karena di Gelora Kia Raha sementara direnovasi dan pelaksanaan turnamen sepakbola piala Wali Kota, selanjutnya dipindahkan lapangan Ngaralamo Salero.

Dalam konser itu, sang vokalis Ariel Noah membawakan sedikitnya 15 lagu plus lagu Andaikan aku kembali yang merupakan lagu favorit Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman bersama istri Nursiah Abdurahman sekaligus bersama-sama tampil di depan ribuan penonton.

Di akhir konser tersebut, vokalis Noah Band Ariel, menutup dengan tembang hits-nya berjudul terakhir yang diikuti ribuan penonton.