Filosofi Gestur Ala Jokowi Dan Obama

id filosofi, gestur ala, jokowi dan obama

 Filosofi Gestur Ala Jokowi Dan Obama

Oleh Hanni Sofia Soepardi

Jakarta, (Antarariau.com) - Pernyataan pers bersama antara Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama di Oval Office, Kompleks Gedung Putih, Washington DC, menjadi momen yang menarik perhatian.

Dua pemimpin dari negara demokrasi terbesar dunia itu berada dalam satu frame yang tergolong sebuah kesempatan langka.

Baik pernyataan, penampilan, mimik hingga gestur kedua pemimpin itu pun menjadi bahan yang menarik untuk ditelisik lebih dalam.

Pada kesempatan itu, Presiden Obama terlebih dahulu menyampaikan pernyataan media.

Namun dasar Obama yang selama ini dikenal pandai memesona publik, suami Michelle Obama itu melontarkan salam selamat siang dalam bahasa Indonesia kepada wartawan yang sebagian di antaranya berasal dari Indonesia.

Sontak sapaan itu menjadi semacam hadiah tersendiri tidak saja bagi Jokowi namun siapa saja yang berasal dari Indonesia di ruangan yang tidak terlampau luas itu.

Salam Obama dalam bahasa Indonesia menyimbolkan sebuah penerimaan yang hangat dari seorang tuan rumah terhadap tamunya.

Itu sekaligus melambangkan adanya hubungan pribadi yang dekat antara Obama dengan Indonesia sebagaimana diakuinya ketika membuka pernyataan persnya.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said misalnya mengamati hal itu sebagai upaya Obama yang mencoba mengirim pesan bahwa dirinya tahu Indonesia dan pernah tinggal di sana.

Bersambung ke hal 2