Perpustakaan Digital Difungsikan Akhir Desember

id perpustakaan digital, difungsikan akhir desember

Perpustakaan Digital Difungsikan Akhir Desember

Pasir Pengaraian, (Antarariau.com) - Perpustakaan digital pertama di indonesia akan segera di fungsikan pada akhir Desember yang bertempat di Masjid Agung Madani Islamic Center, Pasir Pengaraian.

Di ruang pertemuan Masjid Agung Madani Islamic Center, Kamis, Bupati Rokan Hulu (Rohul) Drs H achmad. Msi Optimis bahwa pengoperasian Perpusatakaan Digital tersebut dapat segera dilakukan.

Dan Jika telah beroperasi, maka perpustakaan ini merupakan perpustakaan digital pertama yang ada di Indonesia.

Optimisme tersebut disampaikan bupati Rokan Hulu saat mendengarkan Ekspos dari pengembang perpustakaan digital di ruang pertemuan Masjid Agung Madani Islamic Center, Kamis.

"Ini pertama kalinya di indonesia, bahkan didunia sistem perpustakaan ini merupakan salah satu yang tercanggih," katanya

Dia mengungkapkan bahwa sistem ini nantinya akan terinterkoneksi di lima benua yang mencakup Al-Azhar Kairo, Mesir dan perpustakaan lainya.

Ia juga menjelaskan, bahwa perpustakaan ini nantinya akan memuat literatur seluruh disiplin ilmu seperti politik, ekonomi kedokteran, filsafat, fiqih dan semua bidang ilmu.

"Tidak hanya buku, perpustakaan ini juga akan menjadi sebuah sistem komunikasi, dakwah,"ujarnya.

Ia juga menguraikan bahwa masih akan terdapat banyak aplikasi lain yang diterapkan di perpustakaan digital ini.

"Untuk tahap awal, pemerintah akan menyediakan sebanyak 112 komputer dengan kekuatan RAM 64 GB,"ucapnya.

Selain itu dia juga yakin, bahwa perpustakaan digital tersebut akan menjadi sumber peradaban dunia.

Dia menerangkan bahwa dengan sistem perpustakaan yang seluruhnya berbasis eletronik akan menciptakan transparansi dan efektifitas. Ia juga menyebut bahwa kedepannya sistem ini akan terus dikembangkan sehingga dapat di akses dimana saja dan siapa saja termasuk pelajar dan mahasiswa.

"Tetapi perpustakaan ini membutuhkan dana untuk biaya perawatan dan operasional, akan ada biaya bagi pengguna fasilitas ini, dalam bentuk voucer,"ungkapnya.

Namun, katanya, biaya yang akan dipungut tidak akan memberatkan karena fasilitas ini dibuat murah meriah dan untuk membuka cakrawala pengetahuan.

Perpustakaan digital ini nantinya akan menggunakan aplikasi Al-qubro Smart lap, yaitu sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Al-usto digital publising yang concent dengan pengembangan sistem aplikasi serta media dakwah islamiyah.

Menurut pimpinan AL-Usto Digital Junaidi Affan, dalam konsep perpustakaan digital ini semua buku akan dikemas dalam sebuah sistem managemen aplikasi, sehingga dapat di lihat dalam bentuk software.

"Untuk tahap awal, pengembangan perpustakaan ini hanya akan bersifat lokal, namun kedepannya perpustakaan digital ini akan kita onlinekan,"jelasnya.

Dia mengatakan kedepannya perpustakaan ini akan berbentuk web dan bisa di akses di mana saja dengan perangkat gadget.

Dalam acara ekspos tersebut, dihadiri juga oleh Wakil bupati Rohul ir.H.Hafith Syukri MM, serta kepala dinas badan dan kantor di lingkungan Pemkab Rohul.