Kunci sukses pilkada adalah netralitas dan bebas intimidasi

id Rengat,Indragiri Hulu

Kunci sukses pilkada adalah netralitas dan bebas intimidasi

Polsek Batang Cenaku saat menggelar pertemuan dengan PKD. (ANTARA/HO-Polres Inhu)

Rengat (ANTARA) - Polsek Batang Cenaku, Polres Indragiri Hulu menggelar cooling system gunamenjaga situasi Kamtibmas menjelang Pilkada Serentak 2024 yang aman, damai dan bermartabat di Gedung Desa Bukit Lipai, Jumat.

Kapolsek Batang Cenaku IptuEdi Dalianto menyebutkan, acara pertemuan dengan PanwasluKelurahan Desa (PKD) dihadiri berbagai pihak terkait di wilayah tersebut.

Pada kesempatan itu ditekankan pada pentingnya pengawasan dan menghindari politik uang menjelang pemungutan suara 27 November 2024.

Kapolsek menginstruksikan Aiptu Eko Muji S dan Aipda Andi Kaharuddin untuk melaksanakan kegiatan ini kepada Panwascam dan PKD.

Agar seluruh PKD menjunjung tinggi netralitas dan tidak ragu dalam menjalankan tugas,Keberanian dalam berkoordinasi dengan TNI dan Polri menjadi fokus utama agar pengamanan berjalan efektif.

"Peran aktif semua pihak akan mendukung suksesnya pilkada," ujar Aiptu Eko.

Camat Batang Cenaku, melalui perwakilannya Ngali, menekankan perlunya koordinasi yang baik antara Panwascam, PKD, dan pihak kepolisian untuk menciptakan pemilu yang aman dan sejuk.

"Pemilu yang aman menjadi harapan semua orang. Oleh sebab itu, laporkan segera jika ada teror dan intimidasi terhadap petugas," tegas Ngali

Pada kesempatan itu, Ketua Panwascam, Mahmut Hari Saputra menegaskan, dukungannya kepada kepolisian untuk menjaga ketertiban selama pilkada dan berkomitmen menjaga netralitas.

Melalui kegiatan inidiharapkan para petugas dapat melaksanakan tugas tanpa rasa takut terhadap ancaman sehingga bisa bekerja dengan nyaman, aman dan optimal.

Sebagaimana diatur dalam Pasal 1 PKPU No. 8 Tahun 2022, PKD berperan penting dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu di tingkat kelurahan/desa, menjadikan netralitas dan keamanan sebagai kunci sukses Pilkada 2024.