Atlet Riau raih medali emas PON Aceh-Sumut Cabor Pantenque

id Cabang olahraga Pantenque, medali emas PON, Atlet Pantenque Riau, PON Aceh Sumut

Atlet Riau raih medali emas PON Aceh-Sumut Cabor Pantenque

Atlet Petanque Riau, Siti Nur Fatiha yang turun di nomor single women berhasil meraih medali emas pada pertandingan yang dilaksanakan di Sport Center Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh. (ANTARA/HO-Pantenque Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Atlet Provinsi Riau atas nama Siti Nur Fatiha meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh Sumatera Utara 2024 pada cabangPetanque yang turun di nomor "single women", Rabu kemarin.

“Kami sangat bersyukur dan bangga bisa mempersembahkan medali emas untuk Riau. Ini adalah langkah awal yang diharapkan dapat memotivasi cabor lain untuk meraih prestasi di PON kali ini,” kata Pelatih Pantenque Riau, Joni Alpen dalam keterangannya diterima di Pekanbaru, Kamis.

Dia mengatakan capaian ini dianggap sebagai langkah awal yang memotivasi bagi atlet lain untuk berprestasi dalam ajang olahraga tersebut. Sebab timnya masih memiliki dua pertandingan penting, yaitu nomor "double mix" dan "triple men".

“Kami berharap masyarakat Riau terus memberikan doa dan dukungan karena kami masih akan menghadapi dua laga lagi. Kami berharap bisa menambah pundi-pundi medali dari cabang olahraga ini,” ujar Joni.

Dalam hal persiapan, Joni Alpen menjelaskan bahwa timnya telah melakukan program latihan mandiri sejak lolos babak kualifikasi. "Alhamdulillah, kerja keras dan persiapan matang yang kami lakukan membuahkan hasil yang memuaskan,” ungkapnya.

Diketahui Petanque adalah olahraga yang dimainkan dengan cara melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu sebagai sasaran. Olahraga ini berasal dari Prancis.

Capaian medali emas ini membuka kebuntuan sejak perolehan 6 emas cabang senam artistik untuk Riau pada akhir Agustus lalu. Dengan hasil ini, Riau hingga hari ke 11 PON XXI Aceh-Sumut sudah mengumpulkan 7 emas, 5 perak dan 6 perunggu.

Siti Nur Fatiha mengaku tidak menyangka dapat meraih emas lantaran ini pertandingan pertama yang ia ikuti di PON, cabang olahraga Petanque. “Benar-benar tidak menyangka bisa meraih emas, karena ini pertama kalinya saya mengikuti PON yang cabang Petanque, targetnya kemarin cuma lolos grup saja,” ujarnya.