TP PKK Siak bawa dokter periksa lansia di desa

id TP-PKK Siak, periksa kesehatan lansia, lansia di desa

TP PKK Siak bawa dokter periksa lansia di desa

Ketua TP PKK Siak bersama dokter ketika melakukan pemeriksaan kesehatan lansia di kampung Laksamana, Kecamatan Sabak Auh. ANTARA/HO-TP PKK Siak

Siak (ANTARA) - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Siak, Provinsi Riau, membawa dokter umum dan spesialis untuk melakukan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat lanjut usia (lansia) di Kampung (desa) Laksamana, Kecamatan Sabak Auh.

Ketua TP PKK SiakRasidah Alfedri menyampaikan kegiatan itu bekerja sama dengan PT Bumi Siak Pusako(BSP). Ada lima kecamatan yang disambangi oleh istri Bupati Siak itu beserta jajaran pengurus PKK Kabupaten Siak 2024.

"Pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan pemerintah, TP PKK Siak, maupun PT BSP dalam memberikan akses kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat lanjut usia," katanya di Aula Kantor Penghulu (kepala desa) Kampung Laksamana, Selasa.

Menurutnya, kegiatan ini sudah pernah dilaksanakan pada tahun 2022 di Kecamatan Sungai Mandau. Pihaknya sengaja mencari kampung yang jauh dari fasilitas kesehatan atau puskesmas agar para lansia dapat menerima pemeriksaan kesehatan yang dibutuhkan.

Pada kesempatan ini pihaknya membawa dokter umum dan dokter spesialis penyakit dalam. Proses pengecekan kesehatan mulai dari tekanan darah, berat badan, asam urat, kadar gula dalam darah, kolesterol, dan beberapa pelayanan kesehatan lainnya.

Para tenaga kesehatan juga memberikan obat gratis sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter spesialis penyakit dalam. Para lansia juga diimbau untuk tetap menjalankan pola hidup yang baik, bersih, dan sehat dengan rutin olah raga ringan seperti senam lansia serta mengikuti kegiatan keagamaan.

Sekretaris Kecamatan Sabak AuhNartammengatakan kegiatan ini sangat sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat kampung Laksamana. Ia sangat berterima kasih kepada TP PKK Kabupaten Siak atas program-program kesehatan yang sudah dikerjakan.