Penerbangan langsung AirAsia Kuala Lumpur-Labuan Bajo perkuat konektivitas ke DPSP

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Air Asia

Penerbangan langsung AirAsia Kuala Lumpur-Labuan Bajo perkuat konektivitas ke DPSP

Pesawat Airbus A320 yang dioperasikan maskapai penerbangan AirAsia dengan nomor penerbangan AK336 membawa sebanyak 169 penumpang dari Kuala Lumpur, Malaysia ke Labuan Bajo. (ANTARA/HO-Divisi Komunikasi Publik BPOLBF)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin mengatakan, penerbangan langsung AirAsia dengan rute Kuala Lumpur-Labuan Bajo memperkuat konektivitas ke destinasi pariwisata super prioritas (DPSP).

Sandiaga dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis mengatakan, pembukaan penerbangan ini juga mempermudah kedatangan wisatawan dari Malaysia ke Labuan Bajo.

“Penerbangan AirAsia dapat menarik lebih banyak turis Malaysia dan internasional ke Labuan Bajo. Konektivitas merupakan kunci untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisman ke Labuan Bajo, terlebih penerbangan langsung dari Kuala Lumpur ke destinasi super prioritas Labuan Bajo ini telah lama dinantikan," kata Menparekraf.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini juga menyambut dengan antusias penerbangan langsung perdana AirAsia dengan rute Kuala Lumpur-Labuan Bajo. Penerbangan ini merupakan hasil dari usaha bersama yang telah dirintis sejak dua tahun lalu.

"Inisiatif ini lahir dari kesadaran akan pentingnya konektivitas langsung ke Labuan Bajo, sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas di Indonesia yang memerlukan akses penerbangan langsung dari berbagai originasi. Melalui kerja sama berbagai pihak, penerbangan ini kini menjadi kenyataan dan diharapkan dapat mendukung pengembangan pariwisata di kawasan tersebut,” ujar Made.

Penerbangan AirAsia rute Kuala Lumpur-Labuan Bajo-Kuala Lumpur akan beroperasi tiga kali per pekan, yakni setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Untuk rute Kuala Lumpur-Labuan Bajo dengan nomor penerbangan AK 336 dijadwalkan berangkat dari Kuala Lumpur pukul 11.10 waktu setempat dan tiba di Bandara Komodo Labuan Bajo pukul 14.30 WITA dengan membawa sekitar 165 penumpang.

Kemudian rute Labuan Bajo-Kuala Lumpur dengan nomor penerbangan AK 337 dijadwalkan berangkat dari Labuan Bajo pada pukul 14.55 WITA dan tiba di Kuala Lumpur pukul 18.35 waktu setempat.

Menyambut penerbangan perdana AirAsia rute Kuala Lumpur-Labuan Bajo tersebut, Kemenparekraf berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan, Pejabat Gubernur (Pj) Nusa Tenggara Timur, KADIN Nusa Tenggara Timur, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Unit Penyelenggara Bandar Udara Komodo Labuan Bajo, mengadakan acara penyambutan di pintu kedatangan Bandara Komodo, Labuan Bajo, Selasa (3/9/2024).

Baca juga: Maskapai Indonesia AirAsia akan hadirkan rute penerbangan Denpasar-Kertajati

Baca juga: Indonesia AirAsia pindahkan penerbangan domestik ke Terminal 2 Bandara Soetta