Tim DKP Riau tangkap empat kapal terlibat aktivitas ikan-pasir ilegal

id DKP Riau,pasir ilegal,ikan ilegal,ilegal fishing,penambangan,tambang ilegal

Tim DKP Riau tangkap empat kapal terlibat aktivitas ikan-pasir ilegal

Tim Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Riau saat menangkap pelaku ilegal fishing dan penambangan pasir laut ilegal, di perairan Riau. ANTARA/HO-Humas DKP Riau.

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Riau menangkap empat kapal yang terlibat dalam aktivitas penangkapan ikan secara ilegal dan penambangan pasir laut ilegal di perairan Riau.

"Dari keempat kapal yang ditangkap itu dua diantaranya adalah Kapal Motor Speed Samudra 01 dan Kapal Motor Nelayan berasal dari Kepulauan Riau," kata Kepala DKP Riau, Yurnalis kepada media di Pekanbaru, Jumat..

Ia menjelaskan kedua kapal tersebut ditangkap karena melakukan penangkapan ikan di daerah yang tidak sesuai dengan izin Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) yang mereka miliki.

Menurut Yurnalis, dua kapal penangkap ikan tersebut semestinya melakukan aktivitas di wilayah WPP 711 yang berada di Perairan Natuna, namun mereka melakukan penangkapan di WPP RI 571 Selat Malaka.

Selanjutnya, dua kapal lain yaitu Kapal Motor Uji Lestari dan Kapal Motor Arfan II, tertangkap melakukan aktivitas pengangkutan pasir laut. Diduga keduanya melakukan penambangan ilegal di sekitar Pulau Ketam, Kecamatan Rupat.

"Operasi penangkapan kapal itu dilakukan sebagai bagian dari upaya intensif Pemerintah Provinsi untuk menjaga kelestarian sumber daya laut dan menegakkan hukum di wilayah perairan Riau melalui patroli rutin," katanya.

DKP Riau melakukan penghentian dan pemeriksaan kapal-kapal yang beroperasi yang tidak memiliki izin sehingga dinilai aktivitas mereka ilegal, sedangkan

penindakan empat unit kapal itu merupakan bagian dari operasi gabungan yang melibatkan DKP Riau bersama pihak berwenang guna mencegah aktivitas pelanggaran hukum berpotensi merusak lingkungan pesisir Riau yang sangat sensitif.

Karena itu kepada empat kapal akan dikenai sanksi administratif sesuai aturan yang berlaku setelah gelar perkara untuk melihat jenis pelanggaran yang dilakukan setelah selesai penyelidikan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: DKP Riau tangkap empat kapal terlibat aktivitas ikan-pasir ilegal