Pendakwah Oki Setiana Dewi peragakan koleksi mukena kolaborasi Siti Khadijah x APR

id Oki Setiana, Muffest 2024, Fashion Muslim, APR, Serat Rayon

Pendakwah Oki Setiana Dewi peragakan koleksi mukena kolaborasi Siti Khadijah x APR

Pendakwah Oki Setiana Dewi pamerkan mukena Siti Khadijah kolaborasi bersama APR (ANTARA/HO/APR)

Pekanbaru (ANTARA) - Selebritas yang juga merupakan pendakwah Oki Setiana Dewi memperagakan koleksi mukena Siti Khadijah berbahan viscose rayon produksi Asia Pacific Rayon (APR) pada Muslim Fashion Festival (Muffest) tahun 2024 di Jakarta, Sabtu (10/11).

Oki Setiana Dewi tampil cantik, anggun dan syar'i dengan balutan mukena eksklusif pada pagelaran fesyen itu. Desainer Siti Khadijah, Noor Atiqah Ismail mengatakan Oki Setiana Dewi dipilih sebagai brand ambasador Siti Khadijah karena merepresentasikan mukena yang terinspirasi dari seorang muslimah memiliki karakter dan pengetahuan yang baik dalam Islam.

"Kita ingin merepresentasikan brand Siti Khadijah melalui Oki Setiana Dewi, dia muslimah yang punya pengetahuan bagus tentang Islam dan punya karakter yang bagus sebagai seorang muslim," kata Noor Atiqah.

Ada 12 koleksi yang dipamerkan brand Siti Khadijah pada Muffest bertemakan "Redefening Fashion For Better Future" yang merupakan kolaborasi dengan APR. Kata Noor Atiqah, kombinasi viscose rayon sebagai bahan mukena dan modest fashion sesuai dengan konsep syariat dan mendukung kenyamanan dalam ibadah, karena halal menggunakan bahan alami dari serat kayu. Keuntungan lainnya mukena yang diproduksi berbahan adem dan nyaman untuk kulit karena menggunakan material organik, sehingga tidak menimbulkan alergi.

"Material organik dari serat kayu, memenuhi syarat syariah, halal. Bahannya bagus untuk kesehatan tidak ada bermasalah pada kulit, karena adem dan nyaman menggunakan bahan alami," kata Noor.

"Ini pertama kali kami gunakan viscose rayon. Kami sangat terkesan, kami mengerti kombinasi bahannya. Sebagai seorang muslim ini sangat bagus. Mungkin ada konsumen yang teliti, kalau bahannya begini tidak ada persoalan lagi," sambung dia.

Keuntungan lainnya, kata Noor, penggunaan serat viscose rayon sejalan dengan konsep modest fashion berkelanjutan. Material bahan yang digunakan dapat terurai secara alami dan ramah lingkungan.

"Kita tahu bahwa viscose rayon sangat mudah terurai. Jadi saya sampaikan bahwa ini kolaborasi luar biasa, great dan syariah compliance," kata dia.

Noor sangat bangga bisa berkolaborasi dengan APR, dukungan dan dedikasi APR sangat diapresiasinya.

"Ini merupakan kolaborasi yang besar. APR dan tim sangat luar biasa, punya plan yang bagus dan sangat berdedikasi. Kami bangga menjadi bagian dari ini," katanya.

Pada koleksi kali ini, Desainer Siti Khadijah mengangkat tema Self Love merupakan desain baru terinspirasi dari seorang muslimah yang mencintai diri sendiri dan melakukan yang terbaik dalam beribadah.

"Ini wajah baru, bahan baru dengan tajuk self love, dengan bunga-bunga dan warna pastel, maksudnya bagaimana mencintai diri sendiri. Kalau kita mencintai diri sendiri kita akan memilih yang terbaik dalam beribadah," sebut dia.

Siti Khadijah merupakan salah satu brand dari enam jenama lokal yang berkolaborasi dengan APR tampil pada Muffest 2024. APR adalah produsen viscose rayon pertama yang terintegrasi secara penuh di Asia dari hutan industri terbarukan. Walau sangat mendukung industri fesyen dalam negeri, namun pasar APR sudah merambah lebih dari 18 negara, termasuk Bangladesh, Turki, India, Pakistan. Di negara-negara ini industri tekstil terkenal sangat masif.