PHR WK Rokan berupaya kurangi pengangguran giatkan program magang kerja

id PHR

PHR WK Rokan berupaya kurangi pengangguran giatkan program magang kerja

Para peserta magang PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) saat melaksanakan aktivitas pekerjaan dengan bimbingan mentor profesional. ANTARA/HO-Humas PHR.

Pekanbaru (ANTARA) - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) WK Rokan berupaya mengurangi pengangguran di Riau dengan menggiatkan program magang kerja untuk 100 posisi bagi generasi muda pada tahun 2024.

"Melalui program ini diharapkan dapat membantu mereka mendapatkan pengalaman kerja dan meningkatkan keterampilan agar siap memasuki pasar kerja," kata Corporate Secretary PHR Rudi Arifianto di Pekanbaru, Riau, Selasa.

Menurut dia, sejak 2022 program magang kerja digelar telah memberikan banyak manfaat bagi peserta dan tahun 2024 program ini akan berlangsung selama 6 bulan dengan penempatan magang di Riau dan Jakarta.

Ia menyebutkan setelah mengikuti program magang kerja ini, para peserta mendapatkan kesempatan dan bekal yang cukup untuk lebih berkembang sekaligus memiliki daya saing tinggi di dunia kerja sesuai latar belakang pendidikan masing-masing.

"Program magang kerja ini terbuka bagi putra dan putri Riau, bagi peserta yang lolos seleksi akan ditempatkan di Riau dan Jakarta sesuai dengan pilihan formasi yang dibuka," katanya.

Dosen Administrasi Publik Unri Khairul Amri M.Si mengatakan generasi muda kini membutuhkan kesempatan untuk belajar dan berkembang, sehingga dengan program magang kerja itu meningkatkan kualitas mereka untuk siap bekerja.

Berdasarkan data, PHR telah membuka peluang magang kerja sebanyak 5 kali untuk menjembatani generasi muda dalam memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

Pada batch ke-5 magang kerja PHR kini, sebanyak 55.000 lebih peserta mendaftar dan kini memasuki tahap seleksi akhir.

Sementara itu BPS Riau merilis 132.454 penduduk yang belum memiliki pekerjaan, atau masuk dalam kategori pengangguran.