Rinov/Pitha tak berhasil lolos ke babak utama usai kalah dari wakil tuan rumah

id Berita hariini, berita riau terbaru, berita riau antara, bulutangkis

Rinov/Pitha tak berhasil lolos ke babak utama usai kalah dari wakil tuan rumah

Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia Pitha Haningtyas Mentari mengembalikan bola pada pertandingan fase grup Olimpiade Paris 2024 melawan ganda Korea Selatan di Porte de la Chapelle Arena, Paris, 27 Juli 2024. (AFP/ARUN SANKAR)

Jakarta (ANTARA) - Ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dipastikan tidak lolos ke babak utama atau perempat final setelah kalah dari wakil tuan rumah Thom Gicquel/Delphine Delrue pada laga terakhir fase grup Olimpiade Paris 2024, Senin.

Pada laga yang digelar di Porte De La Chapelle Arena tersebut, Rinov/Pitha harus menelan kekalahan dua gim langsung dengan skor 13-21, 15-21.

Pada gim pertama, pasangan Prancis langsung memberikan tekanan kepada Rinov/Pitha dan mendominasi, terutama dalam kecepatan dan sergapan bola. Hal itu terbukti menyulitkan Rinov/Pitha untuk mengantisipasi dan mengembangkan permainan mereka.

Interval gim pertama pun diraih dengan cukup mulus oleh Gicquel/Delrue dengan skor 11-3.

Selepas turun minum, Rinov/Pitha mencoba strategi lain dan tampil lebih berani dalam melancarkan serangan-serangan agresif. Hal itu pun membuahkan hasil dan pasangan Indonesia perlahan mengejar ketertinggalan mereka 12-16.

Rinov/Pitha terlihat berusaha melepas ketegangan dengan tampil lebih tenang di hadapan publik lawan.

Namun, dukungan dari para fan membuat Gicquel/Delrue semakin percaya diri dan merebut gim pertama dengan skor 21-13.

Memiliki kepercayaan diri dan dukungan dari seluruh penonton yang memadati arena, Gicquel/Delrue semakin bersemangat dan tidak mengendurkan fokus mereka untuk terus tampil menyerang.

Semua serangan yang dilancarkan oleh wakil tuan rumah begitu lancar, sementara RInov/Pitha terlihat kembali tertekan.

Interval gim kedua pun kembali direbut oleh Gicquel/Delrue dengan skor yang tak jauh berbeda dari interval gim sebelumnya, yaitu 11-4.

Setelah jeda singkat, Rinov/Pitha mencoba bangkit dari tekanan dan mengumpulkan empat angka beruntun melalui serangan-serangan cepat. Skor pun menunjukkan angka 8-11 untuk Rinov/Pitha.

Perebutan angka kali ini berlangsung lebih ketat. Namun, pasangan tuan rumah tidak segera merasa tertekan dan tampil dengan lepas. Mereka kembali memperlebar jarak keunggulan menjadi 17-10, sebelum akhirnya Rinov/Pitha mulai perlahan mengejar dengan menghasilkan tiga angka berturut-turut.

Seruan “Allez les Bleus!” yang mewarnai jalannya pertandingan semakin memperkuat upaya Gicquel/Delrue untuk menyelesaikan pertandingan dan kemenangan gim kedua direbut dengan skor 21-15.

Dengan ini, maka Rinov/Pitha tidak lolos ke babak utama Olimpiade Paris 2024, karena menempati peringkat tiga Grup A.

Sementara, juara Grup A ditempati oleh unggulan pertama Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China), dan runner up grup diraih oleh Kim Won Ho/Jeong Na Eun (Korea Selatan).

Di sisi lain, masih ada ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang akan menghadapi wakil tuan rumah Lucas Corvée/Ronan Labar pada laga kedua fase grup.

Baca juga: Empat wakil mulai perjuangan bulu tangkis Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Baca juga: 300 atlet ikuti Kejurkab Bulutangkis di Kampar