Dokter: Pentinynya pilih produk perawatan anak yang alami

id Berita hari ini , berita riau terbaru, berita riau antara,dokter

Dokter: Pentinynya pilih produk perawatan anak yang alami

Dokter spesialis anak lulusan Universitas Indonesia dr. Dimple Nagrani Sp.A dalam acara peluncuran produk perawatan bayi di Jakarta, Jumat (26/5/2024) (ANTARA/Fitra Ashari)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis anak lulusan Universitas Indonesia dr. Dimple Nagrani Sp.A mengatakan dalam memilih produk perawatan anak harus dari bahan yang alami agar tidak menimbulkan efek samping pada kesehatan kulit anak.

"Kulit bayi sepertiga lebih tipis dari kulit dewasa, jadi pemilihan produk harus diperhatikan dan selalu pilih bahan yang alami, jadi kalau masuk ke dalam darah nggak apa-apa, kalau kimia masuk ke darah pasti ada efek samping, jadi produk alami salah satu faktor penting," kata Dimple dalam acara peluncuran produk perawatan bayi di Jakarta, Jumat.

Dokter di Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda ini mengatakan kulit bayi yang tipis memiliki minyak alami dan barrier kulit yang turut menjaga daya tahan tubuh anak. Produk dengan bahan alami dan aman untuk anak dapat membuat produk terserap dengan baik ke dalam kulit dan menjaga pertahanan kulit.

Kulit anak yang sehat, kata Dimple, adalah yang tidak bersisik atau kering. Kulit yang kering pertanda pori-pori yang terbuka sehingga debu dan radikal bebas bisa masuk dan merusak pertahanan tubuh.

"Yang bikin gatal saat berkeringat karena kulit kena debu jadi nempel, debunya gampang masuk itu menyebabkan eksim, dermatitis atopi, kalau keringetan dia garuk-garuk," ucapnya.

Selain pemilihan sabun yang tepat dan alami, cara lain untuk menjaga kesehatan kulit anak adalah tidak mandi terlalu sering apalagi menggunakan air panas karena bisa melebarkan pori-pori kulit dan menyebabkan gatal.

Dimple mengatakan gunakan air dingin bagi anak yang sudah lebih besar dan gunakan air hangat bagi anak bayi. Jika anak berkeringat, usahakan lap hingga kering atau ganti baju untuk menghindari mandi terlalu sering.

"Paling sehat mandi pakai air yang cukup suam-suam kuku nggak usah dingin banget nanti anaknya kaget tapi usahakan nggak panas, buat bayi kita harus memastikan airnya cukup hangat," kata Dimple.

Baca juga: Dokter ingatkan perawatan lensa kontak untuk cegah infeksi kornea mata

Baca juga: Sejumlah hal yang perlu diketahui soal metode perawatan kulit Sandwich Retinol