Arara Abadi-PT APP Group realisasikan tebar benih ikan Program DMPA

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, PT Arara Abadi,Indah Kiat

Arara Abadi-PT APP Group realisasikan tebar benih ikan Program DMPA

Arara Abadi-PT APP Group realisasikan tebar benih ikan Program DMPA. (ANTARA/HO-PT Indah Kiat)

Pekanbaru (ANTARA) - APP Group melalui salah satu unit usahanya yaitu PT Arara Abadi dengan menggandeng lembaga resmi milik Pemerintah yaitu BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) merealisasikan kegiatan budidaya perikananyang merupakan bagian dari Program DMPA (Desa Makmur Peduli Api) APP Group kepada Masyarakat Sakai di Bathin Sebanga Desa Kesumbo Ampai, Kecamatan Bathin Solapan Duri - Kabupaten Bengkalis, berupa menebar benih ikan sebanyak 20.000 benih ikan jenis Gurami dan Jenis Baung.

Kegiatan tebar benih ini dilaksanakan pada hari Kamis (20/6) di Desa KesumboAmpai.

Kegiatan tebar benih ikan ini langsung dilakukan oleh Distrik Manager PT Arara Abadi Areal operasional Duri-Bukit Kapur Faisal Amir, dari BRIN Jojo Subagja,M.Si., Otong Zainal, M.Sc. dan Ketua Perbathinan Sakai Sobanga Datuk Muhammad Nasir Iyo Banso yang didamping oleh Divisi Social and Community Engangement-APP Group dan juga dari PT Arara Abadi Janudianto, Firdaus, Kiswanto serta juga diikuti Pemuda Sakai Bathin Solapan, Jefri dan Hamdani.

Ketua Perbathinan Sakai Sobanga Datuk Muhammad Nasir Iyo Banso (68 thn) di Sel-sela kegiatan tebar benih ikan kepada media menyampaikan terimakasih kepada PT Arara Abadi; “Alhamdulilah hari ini semua hajat disampaikan. Kami atas nama Masyarakat Sakai sangat berterimakasih kepada perusahan PT Arara Abadi (Distrik Duri-Bukit Kapur) atas dorongan maupun bantuan yang diberikan kepada masyarakat serta warga, dan hal ini dapat jadi perhatian sepenuhnya bagi warga, serta dapat menambah ekonomi masyarakat, dan kegiatan (program) ini sudah merupakan kesepakatan masyarakat.”

Selanjutnya M.Nasir menambahkan: ”Sebelum kegiatan pada hari ini, perusahaan PT Arara Abadi sebelumnya juga telah melakukan pelatihan (perikanan) kepada 4 orang masyarakat kita, selesai pelatihan itu kita masyarakat membuat kelompok agar kegiatan ini dapat berjalan semaksimal mungkin. Selama ini PT Arara Abadi juga sudah banyak melakukan kegiatan-kegitan sebelumya,s eperti peyiapan dan pembersihan lahan kolam dilahan Desa ini, dengan mengerahkan alat berat, serta menyediakan peralatan lainnya dan juga membangun Saung (Pendopo).

Sudah 30 thn lebih kami bermitra dengan PT Arara Abadi, atas banyak sedikitnya bantuan dari Arara Abadi kami berterimakasih, dan dimasa datang kita dapat menjalin hubungan yang lebih dan sebaik-baiknya l agi. Kedepan kita perbaiki dan kita tingkatkan serta komunikasi jangan sampai terputus. Arara Abadi juga mitra kita (Masyarakat Sakai), jejak-jejak bantuan Arara Abadi selama ini seperti Rumah Adat, dan perbaikan jalan-jalan, juga perkebunan karet dan lainnya sudah kita rasakan. Saat ini kami juga berharap kepada perusahaan agar dapat melakukan perbaikan kepada Rumah Adat yang dibangun oleh Perusahaan (PT Arara Abadi) karena ada beberapa yang perlu perbaikan (sisip atap), seperti beberapa atap seng yang bocor akibat hewan liar, monyet yang sering melompat keatap seng rumah adat ”Demikian M.Nasir menyampaikan.

Faisal Amir:”Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari Program DMPA (Desa Makmur Peduli Api) sebagai bentuk komitmen perusahaan PT Arara Abadi didalam pencegahan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) yang hampir setiap tahunnya terjadi di Riau, yang mana karhutla tersebut selalu juga terjadi berdekatan/berbatasan dengan konsesi perusahaan. Dalam hal ini perusahaan sekaligus untuk membantu dan mensejahterakan masyakat di sekitar areal konsesi perusahaan, terutama masyarakat Sakai Bathin Sebanga di Desa Kesumbo Ampai ini, yang mana berbatasan langsung dengan Distrik Duri-Bukit Kapur.

Kegiatan ini dimulai dengan FGD (Forum Discussion Group) antara perusahaan dan masyarakat. Jadi program ini murni hasil keinginan masyarakat melalui FGD. Dari persiapan lahan kolam dengan alat berat, pelatihan masyarakat, penyediaan infrastruktur jaring dan pengairan, juga pembangunan Saung sampai kepada penyediaan bibit serta Bimbingan Teknis (perawatan dan monitoring) nantinya, semuanya dilakukan Perusahaan bersama-sama Masyarakat Sakai dan BRIN yang sebelumnya perusahaan telah melakukan PKS (Perjanjian Kerja Sama) dengan BRIN.” Demikian Faisal Amir menyampaikan.

Sementara itu dari BRIN Jojo Subagja,M.Si., Otong Zainal, M.Sc. Kepada media menyampaikan:”Kegiatan ini merupakan tindak lanjut Langkah-langka kesepakatan dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BRIN dan APP Group yang telah ditandatangani pada 26 September 2023 di Kantor BRIN Jakarta. Ini merupakan bagian dari upaya memajukan Pengembangan Budidaya Perikanan di wilayah operasional PT Arara Abadi Distrik Duri-Bukit Kapur fokus pada Desa Kesumbo Ampai, Kota Durii, Kabupaten Bengkalis.”Jojo Menyampaikan.

Ditambahkan oleh Otong Zainal;”Jika pada hari ini dilakukan penebaran sebanyak 20000 bibit ikan, yang untuk jenis Gurami sebanyak 7500 bibit dan Baung sebanyak 12500 yang masing-masing diperkirakan berusia 1,5-2 Bulan, maka kita harapkan 6-8 Bulan kedepan sudah bisa panen. Jika dari pengalaman kita selama ini tingkat kebersilan biasanya lebih 70%-80% dari jumlah bibit ikan yang ditebar, maka kita perkirakan untuk Jenis Ikan baung dimasa panen nanti akan menghasilkan sekitar kurang lebih 4,2 Tons, Sementara untuk Ikan Gurami kurang lebih 3 Tons. Dengan harga diambil rata-rata 50000/kg, maka perkiraan akan menghasilkan panen kurang lebih senilai Rp350 juta dimasa penantian 6-8 Bulan, jika dikurangi biaya benih benih Rp30 jt dan pakan senilai Rp.70 Juta.Maka masyarakat mendapatkan penghasilan kurang lebih sekitar Rp.250Jt nantinya.”Demikian Otong Zainal dari BRIN menyampaikan.

Harapannya kedepannya, ikan ini sebagian sebagai calon induk, sebagian dijual sisanya kita besarkan untuk indukan, masyarakat disini (Sakai) akan kita latih setingkat lebih tinggi untuk menghasilkan benih untuk kebutuhan benih didaerah ini dan untuk dijual.” Demikan Jojo Subagya menambahkan.