Pentingnya periksakan kesehatan hewan kurban

id Kesehatan hewan kurban, hari raya kurban, pemeriksaan kesehatan hewan, Idul Adha

Pentingnya periksakan kesehatan hewan kurban

Sejumlah hewan kurban di salah satu peternakan di Pekanbaru. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru mengingatkan pengurus masjid di daerah itu agar memeriksakan kesehatan hewan kurban menjelang Idul Adha 1445 Hijriah.

Kepala Distankan Pekanbaru, Muhammad Firdaus, Sabtu, mengatakan pemeriksaan perlu dilakukanuntuk memastikan hewan kurban layak dikonsumsi.

"Cara pemeriksaannya dengan memberitahu petugas di Bidang Peternakan Distankan Pekanbaru. Kita mengingatkan pengurus masjid agar berkoordinasi dengan petugasuntuk memastikan hewan kurban dalam kondisi sehat," katanya.

Dia mengatakan pengawasan perlu dilakukan karena sejumlah pengurus masjid membeli sapi dari luar Pekanbaru. Tim Bidang Peternakan Distankan hingga saat ini terus melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban.

Mereka sudah menyusuri sejumlah tempat penampungan hewan kurban di beberapa kecamatan. Sudah ada 5.000hewan kurban yang diperiksa langsung oleh petugas.

Firdaus menyampaikan pihaknya memprediksi pada tahun ini jumlah hewan kurban pada momen Idul Adha sebanyak 8.000 ekor.

Hewan kurban tidak hanya berasal dari daerah di sekitar Provinsi Riau. Ada juga yang didatangkan dari Lampung serta daerah dari luar Sumatera.

Ia memastikan dari proses pemeriksaan hingga kini belum ada ditemukan hewan kurban terjangkit penyakit.

"Sampai saat ini alhamdulillah kondisi sapi yang kita periksa sehat, tidak ada penyakit menular seperti kulit dan penyakit mulut dan kuku," paparnya.

Petugas pun sudah memberi surat keterangan sehat kepada hewan kurban yang dinyatakan sehat. Untuk itu dia mengingatkan agar penjual hewan kurban sebelum dipotong menyerahkan surat kesehatan hewan dan izin potong.