Kebakaran lahan di Kutai Kartanegara telah berhasil dipadamkan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, kebakaran lahan

Kebakaran lahan di Kutai Kartanegara telah berhasil dipadamkan

Babinsa Serka Joko Supaat beesama Tim Siaga Karhuta saat memadamkan karhutla di Kecamatan Marangkayu, Senin (22/4) (Antara/ Ho Penrem 091/ASN)

Samarinda (ANTARA) - Tim gabungan dari berbagai unsur berhasil memadamkan kebakaran lahan di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim), tepatnya di RT 10, Desa Bunga Putih, Kecamatan Marangkayu, sehingga kebakaran tersebut tidak meluas ke RT lain.

“Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) berhasil dipadamkan setelah tim gabungan dari Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Tim Siaga Karhutla berjibaku memadamkan beberapa jam,” kata Anggota Tim Gabungan Serka Joko Supaat, dalam rilis yang dikirim Penerangan Korem 091/ASN di Samarinda, Selasa.

Serka Joko yang juga Babinsa Koramil 0908-02/Muara Badak, Kodim 0908/Bontang itu melanjutkan dalam pemadaman kebakaran lahan milik warga tersebut pihaknya bekerja sama dengan Tim Siaga Karhutla, menggunakan mobil pemadam kebakaran dan sebagian dilakukan secara manual pada Senin (22/4).

Ia menjelaskan karhutla di Kutai Kartanegara memang sering terjadi selama musim panas terakhir ini, baik di kecamatan lain maupun di Kecamatan Muara Badak dan Marangkayu.

Karhutla terjadi akibat kondisi lahan yang kering sehingga mudah terbakar saat terkena percikan bara maupun api, ditambah dengan angin kencang sehingga menyebabkan api dengan cepat menyebar ke area lain.

Untuk itu, lanjutnya, diperlukan tindakan cepat oleh semua pihak, termasuk masyarakat setempat dalam upaya pemadaman kebakaran, mengingat kemungkinan api akan merambat dan meluas ke lahan lain jika tidak segera diatasi.

Ia pun mengajak masyarakat tetap waspada risiko karhutla, kemudian mengajak petani atau pekebun tidak melakukan pembakaran saat membersihkan maupun membuka lahan.

“Upaya pencegahan dan sosialisasi tentang pentingnya saling menjaga agar tidak terjadi karhutla akan terus kami lakukan. Begitu pula dengan pemadaman yang dilakukan oleh Babinsa dan tim juga akan dilakukan ketika terjadi kebakaran,” kata Joko Supaat.

Sementara berdasarkan pemantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan, sepanjang Senin kemarin mulai pukul 01.00-24.00 Wita, jumlah titik panas di Kabupaten Kutai Kartanegara sebanyak 12 titik, mengalami sedikit penurunan ketimbang sehari sebelumnya yang terpantau 13 titik.

Baca juga: Riau nihil karhutla saat libur Idul Fitri

Baca juga: Penjabat Gubernur Riau minta Tim Satgas Karhutla awasi titik api