UIN Suska sosialisasi Beasiswa Pendidikan Kader Ulama Masjid Istiqlal

id Uin suska

UIN Suska sosialisasi Beasiswa Pendidikan Kader Ulama Masjid Istiqlal

Kegiatan sosialisasi. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Bagian Kemahasiswaan dan Alumni UIN Sultan Syarif Kasim melaksanakan sosialisasi beasiswa PKUMI (Pendidikan Kader Ulama Masjid Istiqlal) pada Selasa (16/1) di auditorium kampus setempat.

Acara itu dihadiri narasumber LPDP Gendro HartonoSE MM (Kepala Divisi Pelayanan Beasiswa), Narasumber PKUMI Dr. Mulawarman Hannase, Lc, MA Hum (Manager PKU), Prof Dr HM Darwis Hude, M.Si (Direktur Pasca Sarjana PTIQ Jakarta).

Kegiatan ini juga dihadiri mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau baik secara luring maupun daring.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Riau Prof KhairunnasRajab mengucapkan terima kasih kepada ketiga narasumber yang sudah berkenan hadir dalam kegiatan tersebut. Mereka menyampaikan beberapa hal penting di antaranya untuk terus bersama mewujudkan cita-cita besar agar menjadikan ini menjadi program unggulan. Kemudian turut menciptakan ulama berkarakter yang tidak hanya mengetahui keilmuan agama tetapi juga fiqih, hadis dan ilmu lain yang terus dikembangkan lagi.

Menurutnya, masyarakat Indonesia yang majemuk perlu diberikan pencerahan agar setiap kader ulama tidak hanya berfokus pada keilmuan keislaman saja. "Kita perlu menyampaikan nilai-nilai sosial dan nilai-nilai budaya transformasi ilmu pengetahuan untuk dijadikan dasar bagi ulama. Ke depannya lulusan prodi apapun di UIN Sultan Syarif Kasim Riau berkesempatan mendapatkan beasiswa LPDP untuk kuliah di PTIQ," sebut Rektor.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Divisi Pelayanan Beasiswa Gendro Hartono menyampaikan bahwa beasiswa PKUMI LPDP adalah berdasarkan mandat peraturan Presiden No 111 tahun 2021 terkait pengelolaan dana abadi pendidikan. Atas dasar itu, kemudian LPDP menyalurkan beasiswa serta dana riset.

Untuk bisa mengikutitahapan seleksi calon penerima beasiswa LPDPbisa melalui link https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/. Pembukaan pendaftaran tahap I pada 11 Januari -12 Februari 2024, dan tahap II pada 19 Juni-18 Juli 2024," tutupnya.