UIN Suska Riau jadi pionir program studi Green Energy di Indonesia

id Uin suska, greem energy

UIN Suska Riau jadi pionir program studi Green Energy di Indonesia

Pemasangan PLTS di Kampus UIN Suska Riau. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau menjadi perguruan tinggi pertama di Indonesia yang membuka program studi Strata 1 Energi Terbarukan atau Green Energy.

Green Energy adalah energi terbarukan yang bersumber dari alam dan tentunya ramah lingkungan seperti sinar matahari, angin ataupun air, dan juga ada berasal dari tanaman (biomassa).

Wakil Dekan III Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Kunaifi mengatakan UIN Suska sebagai pionir pendidikan program studi pertama di Indonesia yang membuka kurikulum energi terbarukan.

"Kita pionir pendidikan energi terbarukan pada level Strata 1 di Indonesia. Green Energy tidak lagi menyongsong tapi sedang berjalan," katanya di Pekanbaru, Senin.

Ia menjelaskan untuk persiapannya sudah tahap membuat kurikulum, rekrut dosen di bidang tersebut dan kelengkapan laboratorium beserta fasilitasnya.

"Sudah ada enam dosen tetap yang direkrut dan kita butuh tenaga-tenaga ahli yang paham untuk pengembangan energi non bahan bakar fosil," jelasnya.

Kunaifi berharap pemerintah perlu memberikan perhatian penyediaan SDM dan negara menyediakan pengadaan fasilitas laboratorium untuk bidangnya.

Salah satu Mahasiswa, Deru Al Azmi Fakultas Sains dan Teknologi, Prodi Teknik Elektro (TE) UIN Suska Riau dan sekaligus Sekjend SESclub (Sumatra Energy and Sustainability Club) menuturkan, dari Prodi (TE) sudah memanfaatkan sinar matahari menjadi energi listrik untuk keperluan kegiatan mahasiswa," ucapnya.

Lanjut Deru, salah satu bentuk Green Energy yang ada di UIN Suska yaitu Pembangkit listrik tenaga Surya ( PLTS). PLTS dibangun dengan kapasitas 3.6 kWp dengan sistem On Grid tanpa menggunakan baterai dan tetap terhubung ke jaringan PLN.

"Karena kegiatan mahasiswa di kampus kebanyakan pagi hingga sore hari, tentu Sistem PLTS On Grid ini sangat cocok. Sehingga pemakaian energi listrik di laboratorium lebih hemat biaya dan ramah lingkungan," tuturnya.

Laboratorium PLTS UIN Suska Riau diprogramkan oleh Program Studi Teknik Elektro dan menjadi laboratorium PLTS pertama se-universitas di Indonesia yang khusus dirancang untuk keperluan penelitian dan pelatihan.