Perpustakaan apung untuk cerdaskan anak di pesisir

id Perpustakaan apung Meranti ,Polres Meranti

Perpustakaan apung untuk cerdaskan anak di pesisir

Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP melihat anak-anak membaca buku di perpustakaan apung yang berada di Pos Polairud, Jalan Tebingtinggi, Selatpanjang, Kamis (31/8/2023). (ANTARA/HO-Polres Meranti)

Selatpanjang (ANTARA) - Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul LTG, Kamis, meresmikan perpustakaan apung bertempat di Pos Polairud, Jalan Tebingtinggi,Selatpanjang sebagai upaya menumbuhkan minat baca dan mencerdaskan anak yang berada di pesisir daerah itu.

Program tersebut merupakan bagian dari Polri peduli budaya literasi dengan mendistribusikan buku sampai pelosok nusantara. Kapolres Andi mengatakan, layanan perpustakaan apung ini sebagai bentuk kepedulian Polri yang ikut berpartisipasi mencerdaskan anak bangsa.

"Ini merupakan bagian dari kegiatan yang dilakukan oleh Mabes Polri dan dilaksanakan serentak pada hari ini oleh seluruh Polres di Indonesia. Kapal perpustakaan apung ini dioperasikan langsung oleh personel Satpolairud Polres Kepulauan Meranti," ungkap Andi.

Dikatakan Kapolres, distribusi buku sampai pelosok ini merupakan peran serta kepolisian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan program Polri peduli budaya literasi.

Lebih lanjut dijelaskan Kapolres, kapal patroli yang biasa digunakan untuk bertugas Satpolairud itu diubah menjadi lingkungan yang ramah bagi anak-anak. Dengan dilengkapi buku bacaan yang menarik perhatian, ini dapat membangkitkan anak-anak yang berada di pesisir agar gemar membaca.

"Jadi, selain melakukan patroli kapal ini saya tugaskan untuk singgah di berbagai dermaga mengajak masyarakat dan anak-anak untuk membaca buku dan dikoordinasikan ke para Bhabinkamtibmas yang ada di beberapa pulau. Sebelumnya para Bhabinkamtibmas juga membuat inovasi perpustakaan keliling menggunakan sepeda motor patroli," katanya.

Adapun koleksi buku yang berada dalam perpustakaan Apung itu sebanyak 550 buku dengan berbagai macam ilmu pengetahuan.

Peluncuran perpustakaan Apung oleh Polres Kepulauan Meranti mendapatkan apresiasi dari ketua DPRD Kepulauan Meranti, Fauzi Hasan.

"Sebenarnya Kapolres sudah duluan membaca situasi di Kepulauan Meranti, sebelumnya penanganan stunting, sekarang inovasi bidang pendidikan. Kalau dalam langkah politik, kami sudah tertinggal jauh apa yang dilakukan pihak Polres saat ini, pokoknya kami salut dengan program ini, semoga kami bisa mengelaborasi program yang dilaksanakan Polri ini," ucapnya.

Sementara itu, Plt Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) Asmar juga mengapresiasi program yang dilaksanakan Polres Kepulauan Meranti itu. Menurutnya, inovasi tersebut untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan meningkatkan kecerdasan serta budaya gemar membaca.

"Kami sangat mengapresiasi inovasi ini.

Kegiatan pendistribusian buku dengan membuat perpustakaan Apung merupakan komitmen yang sungguh-sungguh dari Polres Kepulauan Meranti maupun dari pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas dan sejahtera," kata Asmar.