Peringati HUT ke-78 RI, Semen Padang gelar donor darah

id Donor darah, semen padang, pt semen padang

Peringati HUT ke-78 RI, Semen Padang gelar donor darah

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati (empat dari kiri) menyerahkan doorprize kepada salah satu peserta donor. Donor drah tersebut di gelar di GOR H Agus Salim padang dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78. (ANTARA/HO-SP)

Pekanbaru (ANTARA) - Dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI, PT Semen Padang kembali menggelar donor darah setelah sebelumnya, kegiatan donor darah juga digelar di Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang.

Kali ini, kegiatan donor darah digelar di GOR H Agus Salim Padang. Bekerjasama dengan PMI Kota Padang, kegiatan donor darah dengan tema "Donor Darah Saling Berbagi di Hari Merdeka" itu diikuti antusias oleh masyarakat Kota Padang.

Kegiatan donor darah tersebut, juga dimeriahkan dengan pembagian doorprize dan pembagian souvenir menarik dari perusahaan semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara tersebut.

Bahkan, donor darah tersebut juga diikuti oleh sejumlah lansia. Namun karena faktor usia, pihak PMI Kota Padang melarangnya untuk donor. "Ya, ada 3 orang lansia tadi mau donor. Karena usianya sudah di atas 65 tahun dan belum pernah donor, makanya tidak diizinkan. Kecuali lansia itu sudah rutin donor, baru kami izinkan," kata Humas PMI Kota Padang Iqrah Buana.

Dia pun juga menyampaikan bahwa kegunaan darah yang didapat dari pendonor. Untuk 1 kantong darah, itu bisa di olah menjadi trombosit, Peck Red Cell (PRC), dan Plasma. "1 kantong darah ini bisa menyelamatkan 3 nyawa," ujarnya.

Untuk itu, tambah Iqra, PMI Kota Padang mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Padang yang telah mendukung PMI Kota Padang menggelar donor darah. Apalagi, kegiatan donor darah yang digelar PT Semen Padang dilakukan secara rutin 6 kali setahun.

"Artinya, Semen Padang telah membantu kami di PMI untuk memenuhi stok darah. Karena, saat ini stok darah kami itu berada dalam kondisi tidak aman. Makanya, kami mengucapkan Terima kasih kepada Semen Padang yang telah menggelar kegiatan sosial donor darah ini," ujarnya.

Salah seorang pendonor bernama Annisa Mulia Rahman yang tinggal di Purus, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, yang sudah 15 kali donor darah mengatakan, dirinya ikut donor karena manfaatnya banyak untuk kesehatan, selain membantu orang yang membutuhkan juga berpengaruh baik kepada tubuh pendonor.

"Selain untuk kesehatan, donor darah ini pastinya juga bertujuan membantu saudara kita yang membutuhkan transfusi darah. Bahkan dari keterangan pihak PMI, 1 kantong darah itu bisa menyelamatkan 3 nyawa. Sedangkan untuk kesehatan, sehat dan segar itu adalah bonus dari donor darah," katanya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh pendonor bernama David Riandi. Warga yang tinggal di Jalan Dr M Hatta, Kecamatan Kuranji, Kota Padang ini mengaku senang bisa ikut berpartisipasi pada kegiatan donor darah yang digelar PT Semen Padang bekerjasama dengan PMI Kota Padang.

"Saya sudah lebih 10 kali donor. Terakhir 3 bulan lalu. Karena ada kesempatan donor darah yang digelar Semen Padang, makanya saya ikut berpartisipasi. Terima kasih Semen Padang yang telah memfasilitasi saya untuk donor darah," katanya.

David juga menyampaikan alasan kenapa ikut donor darah. Kata dia, selain untuk kesehatan dan membantu sesama yang membutuhkan darah, fasilitasnya juga ada di dekat kita beraktivitas.

"Saya lihat ada tenda dan keramaian, ternyata mobil donor darah, saya tertarik untuk donor, saya pun cukup lama antri disini." ujarnya.

Pendonor lainnya bernama Aulia Fadhila, menyebut bahwa dia ikut tertarik untuk donor darah, karena ingin berpartisipasi membantu sesama. "Saya baru 2 kali ikut donor. Meski tidak sering, yang jelas saya tertarik untuk donor darah, karena ingin membantu saudara kita yang butuh transfusi darah," kata warga yang tinggal di Jalan By Pass Pisang ini.

"Saya juga tidak rutin ikut donor. Alhamdulillah, nggak nyangka juga pada donor darah Semen Padang ini saya dapat doorprize kipas angin. Terima kasih Semen Padang yang sudah memfasilitasi donor darah dan juga menyediakan banyak doorpzie untuk pendonor," kata Annesa Putri Amsa, warga kompleks perumahan Jabal Ramah By Pass, Air Pacah yang sudah 7 kali ikut donor.

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang yang juga Ketua Panitia HUT RI, Nur Anita Rahmawati, menambahkan bahwa donor darah ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang digelar PT Semen Padang dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

"Ada dua agenda donor darah yang kami gelar. Pertama untuk internal dan masyarakat sekitar perusahaan yang digelar di GSG Semen Padang pada 15 Agustus yang lalu. Dan, kedua hari ini di GOR H Agus Salim. Alhamdulillah, masyarakat tampak antusias. Bahkan, ada juga lansia yang ikut donor," kata Anita disela -sela donor darah PT Semen Padang di GOR H Agus Salim.