Bupati Inhu sapa masyarakat di Batang Peranap melalui IRAMA DESA

id bupati inhu,bupati rezita

Bupati Inhu sapa masyarakat di Batang Peranap melalui IRAMA DESA

Bupati Indragiri bersama masyarakat. (ANTARA/Asri)

Rengat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Indragiri mengoptimalkan program IRAMA DESA yang dinilai sangat tepat untuk menyapa masyarakat hingga ke pelosok desa se Indragiri.

Melalui program itu, bukan saja Bupati Rezita Meylani Yopi bersama rombongan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan dialog tetapi melayani dan menjemput sejumlah aspirasi.

"Jadi harapan masyarakat ingin bertemu, mendapat pelayanan optimal benar - benar di realisasikan," kata Bupati Rezita di Rengat, Jumat.

Bupati Indragiri, Rezita Meylani dalam silaturahmi pada Kamis (10/8) di sejumlah Desa di Kecamatan Batang Peranap sudah ditunggu ribuan warga.

Sambutan masyarakat luar biasa, mereka berharap selain bisa jumpa dan berdialog juga menyampaikan beberapa permintaan, juga agar bupati dapat melihat secara langsung kondisi daerah.

"Satu persatu desa dikunjungi, semua terprogram dengan baik," ujarBupati Rezita.
Bupati Indragiri Hulu saat memberikan bantuan kepada sejumlah anak. (ANTARA/Asri)


Sebagai Bupati Indragiri tentu melihat situasi itu merasa terharu dan bangga. Masyarakat rindu dengan sosok Bupati Perempuan yang merakyat dan memiliki visi dan misi cemerlang untuk Indragiri.

Untuk diketahui, Kunjungan pertama Bupati Rezita berserta rombongan ke sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK) Doa Bunda Desa Pematang Benteng.

Pada kunjungan itu, Bupati Rezita menyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA) dan Penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

Dalam kesempatan yang baik itu, Bupati Rezita menyebutkan, KIA sebagai salah satu upaya untuk menjamin dan melindungi anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta, mendapat perlindungan.

Sementara, dengan penyerahan BLT DD Bupati berharap dapat digunakan sebaik-baiknya dan dapat membantu warga desa, terutama bagi warga yang kurang mampu.

Rezita juga menandatangani MoU bersama dengan seluruh perangkat desa setempat sebagai "Komitmen Gerakan Transisi PAUD - SD yang menyenangkan" daerah tersebut.

Di sela-sela kegiatan tersebut, Bupati Rezita juga meninjau proses belajar mengajar serta bernyanyi bersama peserta didik PAUD dan TK.

Bupati Indragiri Hulu saat berfoto bersama. (ANTARA/Asri)


Selanjutnya, Bupati Indragiri beserta rombongan mengunjungi Desa Suka Maju tepatnya SDN 004 Desa Suka Maju yangkepala sekolah nya Marzaini untuk membagikan KIA tingkat SD.

Masih di Desa Suka Maju, Bupati Indragiri melanjutkan ke SMPN 01 Batang Peranap. Kepala Sekolahnya adalah Mirtiwilianti dan disini Bupati Rezita melakukan penanaman bibit pohon mangga di sekitar halaman sekolah.

Bahkan, kegiatan juga dilanjutkan dengan peninjauan Puskesmas Batang Peranap untuk melihat secara langsung pelayanan kesehatan di desa tersebut.

Dalam kesempatan ini, ada kegiatan sunat massal sebanyak 30 anak terhitung selama dua hari, 15 orang di desa bawah dan 15 orang lagi di desa atas. Dan kepada peserta sunat massal Bupati Indragiri menyerahkan secara simbolis bantuan berupa sarung dan peci.

"Dengan adanya sunat massal ini, saya berharap semoga anak-anak kita bisa tumbuh sehat, cerdas dan tanggap karena generasi ini akan menjadi cerminan untuk memajukan daerah kita sendiri". Ujar Bupati Indragiri.

Bupati Indragiri juga menyaksikan Pengukuhan Duta Genre (generasi berencana) tingkat desa/kelurahan Provinsi Riau tahun 2023 yang dilantik oleh Camat Batang Peranap.

BLT DD juga diserahkan secara simbolis oleh Bupati Indragiri di depan Desa Suka Maju serta dilakukan penandatanganan prasasti peresmian gedung serbaguna desa tersebut dengan nama Gedung Corona.

Kunjungan dilanjutkan ke desa Selunak tepatnya di gedung serbaguna, Rezita MeylaniYopi secara langsung menyaksikan masyarakat melakukan pengurusan administrasi kependudukan maupun perizinan dari empat OPD pelayanan masyarakat diantaranya Disdukcapil, Bapenda, DPMPTSP, dan Disperindag Indragiri.

"Kegiatan IRAMA DESA sebagai program Pemerintah Daerah (Pemda) Indragiri untuk mengetahui kondisi langsung di desa setiap kecamatan," ujarnya.

Terakhir, Bupati Indragiri berkunjung ke Desa Pematang Kecamatan Batang Peranap untuk melakukan peresmian balai silat Pangean, peninjauan kebun Kelompok Wanita Tani (KWT) dan ditutup dengan pemberian bantuan BLT DD untuk warga desa Pematang.

Bupati Rezita kembali menyapa Desa dengan membawa kemudahan pelayanan demi masyarakat Indragiri maju dan sejahtera.

Dengan demikian, masyarakat yang dikunjungi saat menggelar program IRAMA DESA akan merasakan langsung kemudahan pelayanan yang diberikan.

Pada setiap kunjungan, Bupati Rezita selalu meminta semua lapisan masyarakat mendukung program pemerintah agar masyarakat menjadi sejahtera dan Indragiri yang cemerlang terwujud dengan baik.

Bahkan, pada kegiatan IRAMA DESA buka dapat berdialog langsung dengan masyarakat, jemput aspirasi dan mendengar harapan masyarakat desa. (advetorial)