Pemprov Riau latih usia produktif jadi wirausaha muda

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Pemprov

Pemprov Riau latih usia produktif jadi wirausaha muda

Pemrov Riau latih pengangguran jadi wirausaha muda (foto: Antara/Frislidia)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau berupaya mengurangi masalah pengangguran di daerah itu antara lain dengan membekali 30 pemuda wirausaha muda usia 16-30 tahun di Kabupaten Rokan Hilir tahun 2023 yang memiliki usaha dari berbagai jenis keterampilan bidang usaha melalui program pelatihan menjadi wirausaha muda mandiri.

"Mereka mendapatkan pemahaman dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi wirausaha sukses. Kita berharap setelah pelatihan mereka dapat menjadi penggerak pemberdayaan pemuda," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) H Boby Rachmat dalam keterangannya dari Rohil Rabu.

Ia mengatakan pelatihan menyasar tenaga pengangguran lebih karena mereka tidak maksimal mengenyam karena minim kesempatan untuk mengenyam pendidikan tinggi dan memperoleh bekal di masa depan atau bahkan putus sekolah dan menganggur.

Mereka menganggur karena minim kesempatan sehingga keberadaan pemuda harus mendapat pembekalan sekaligus menambah jumlah wirausaha muda.

"Karena itu Pemerintah memberdayakan wirausaha pemuda dengan melibatkan berbagai pihak seperti Kementerian Pemuda dan Olahraga, kementerian terkait lain, perguruan tinggi dan BUMN untuk memfasilitasi pelatihan sekaligus pembiayaan," katanya.

Para peserta dilatih di hotel Kusuma Jl. Riau Kelurahan No. 22 B Bagan Batu Kec. Bangko Kabupaten Rokan Hilir pada 1- 4 Agustus 2023.

Pada tahun 2022 Dispora Riau sudah melatih 486 pemuda usia produktif --yang sudah memiliki usaha-- di Riau dan di Jawa barat, Jakarta dengan 11 kegiatan pembinaan wirausaha muda seperti salon, digital marketing, desain grafis, memproduksi cendera mata dan video grafi dan lain lain.

Baca juga: Gubernur Riau : Capaian realisasi di BBI dan BBWI lampaui target

Baca juga: Gubernur Riau klaim realisasi belanja UMKM di BBI dan BBWI lampaui target nasional