Mahasiswa Universitas Surabaya berhasil ciptakan robot pengantar obat-makanan bagi lansia

id Berita hari ini, berita riau antara, berita riau terbaru, robot

Mahasiswa Universitas Surabaya berhasil ciptakan robot pengantar obat-makanan bagi lansia

Robot TEUSEM untuk mengantarkan obat dan makanan otomatis untuk lansia saat uji coba di kampus Ubaya, Surabaya, Jatim, Kamis (13/7/2023). (FOTO ANTARA/WillI Irawan)

Jakarta (ANTARA) - Tiga Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Surabaya, Jawa Timur membuat robot pengantar obat dan makanan ke orang lanjut usia secara otomatis dan dapat dipantau dari jarak jauh bernama TEUSEM (Teknik Elektro UBAYA Smart Elderly-Care Monitoring).

"Pembuatan TEUSEM dilatarbelakangi oleh fenomena yang menunjukkan bahwa rasio jumlah perawat dibanding orang lansia di Indonesia saat ini sangat kecil," kata Ketua Tim TEUSEM, Rasyid Febrianto Adi Nugroho didampingi Adinda Seoulita, dan Yefta Prasista Triastomo di Surabaya, Kamis.

Ia mengatakan jika jumlah perawat sangat sedikit, kualitas hidup mereka akan berkurang karena harus mengurus orang lansia dalam jumlah yang banyak. "TEUSEM hadir sebagai solusi untuk meringankan dan memudahkan rutinitas perawat, khususnya mengantar obat dan makanan. Sehingga, kualitas hidup lansia tetap terjaga tanpa mengorbankan kualitas hidup perawat," ujarnya.

Selain itu, TEUSEM memungkinkan perawat untuk melakukan monitoring aktivitas orang lansia dengan menggunakan perangkat cerdas seperti laptop dan tablet.

Lebih lanjut, Rasyid menjelaskan bahwa robot ini memiliki sistem yang terbagi menjadi empat bagian, yaitu perancangan kontrol gerak robot, perancangan pembacaan sensor, perancangan pendeteksian ruangan dengan sensor, dan perancangan sistem monitoring orang lansia. Robot dilengkapi beberapa mikrokontroler sebagai pengendali pada dua motor robot.

Sistem sudah terkoneksi IoT, sehingga pengguna dapat mengontrol robot dari jarak jauh. Selain itu, terdapat dua sensor dengan satu mini personal computer (PC) yang difungsikan sebagai pengendali pusat. Ada pula satu device dan webcam sebagai media monitoring kondisi sekitar.

"Semua hardware terhubung satu dengan yang lainnya, sehingga membentuk kesatuan dan dapat menjalankan tugas sesuai dengan fungsinya," kata lulusan SMA Negeri 5 Surabaya itu.

Ia menjelaskan kecanggihan teknologi tersebut membuat TEUSEM memiliki keunggulan. Robot berdiameter 60 sentimeter dengan tinggi 125 sentimeter ini dapat menghindari manusia atau objek di sekitarnya. Bila di depannya ada objek yang menghalangi, maka robot langsung mengambil jalan lain. Dengan sensor yang ada, TEUSEM juga dapat melakukan pemetaan ruangan secara otomatis. Hal ini membuat robot dapat melakukan patroli ke tiap kamar yang memiliki bentuk ruangan berbeda-beda.

"Nantinya akan kami kembangkan supaya lebih user-friendly. Harapannya inovasi ini dapat memperbaiki penggunaan pelayanan kesehatan konvensional, sehingga kualitas dan efisiensinya semakin meningkat," demikian Rasyid Febrianto Adi Nugroho.

Baca juga: Robot barista yang sajikan kopi telah hadir di Indonesia

Baca juga: Robot pengumpul sampah laut lakukan diuji coba di China selatan