Kampar segera miliki Gedung Halal Hub, apa itu?

id halal hub,halal hub kampar, bupati kampar

Kampar segera miliki Gedung Halal Hub, apa itu?

Penjabat Bupati Kampar Kamsol tinjau Gedung Halal Hub. (ANTARA/dok)

Bangkinang Kota (ANTARA) - Kabupaten Kampar tidak lama lagi akan menjadi sentra promosi produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan dibangunnya gedung Halal Hub di Jalan A. Yani Bangkinang Kota.

"Ini akan menjadi pusat promosi sekaligus sentra UMKM Kampar, insya Allah sebentar lagi kita akan resmikan pemakaiannya," ujar Penjabat Bupati Kampar Kamsol saat meninjau gedung Halal Hub bersama Ketua Forum UMKM Kampar Zulher, Rabu.

Gedung yang berada di tengah kota Bangkinang itu diharapkan dapat menjadi wadah untuk menjayakan produk UMKM halal di pasar global dengan menggandeng PT. Goorita sebagai mitra dalam membangun UMKM Kampar.

"Saat ini pembangunannya sudah masuk dalam tahap finishing, secara nasional Indonesia menjadi global Halal Hub pada 2024, Peran Signifikan UMKM dan strategis kebangkitan ekonomi nasional dan salah satu faktor pendukung pertumbuhan ekonomi yakni dengan berkembangnya UMKM yang terus didorong dengan menciptakan ekosistem halal yang tepat dari hulu hingga hilir," kata Kamsol.

Sementara itu Zulher menyatakan bahwa ini merupakan salah satu kebangkitan UMKM Kampar, ini memiliki peran yang sangat strategis dalam mengangkat UMKM Kampar yang selama ini berjalan secara alamiah.

"Dengan berkembangnya UMKM di Kampar yang terus didorong dengan menciptakan ekosistem halal yang tepat dan peran UMKM menjadi sangat signifikan, meningkatnya gaya hidup halal di Indonesia dan dunia internasional menciptakan pasar yang baik bagi UMKM," ujarnya.

Dia menyebutkan, untuk mewujudkan ekosistem halal bagi industri dalam negeri agar bisa menguasai pasar domestik dan global, industri dan KI Halal perlu terintegrasi dengan sistem logistik halal, sertifikasi halal, pembiayaan Syariah, serta edukasi dan promosi halal. Dengan berkembangnya ekosistem halal, Indonesia ditargetkan menjadi bagian dari rantai nilai halal.