Begini cara menjadi mahasiswa UIN Suska Riau

id Uin suska, uin suska riau

Begini cara menjadi mahasiswa UIN Suska Riau

Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. Khairunnas Rajab. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Penerimaan calon mahasiswa baru di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska)dilaksanakan melalui beberapa jalur.

Program Studi (Prodi) umum diterima melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dengan kuota 20%, Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dengan kuota 50% dan Jalur Mandiri 30%.

Sedangkan prodi agama diterima melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dengan kuota 20%, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dengan kuota 50%, dan jalur Mandiri 30%.

Rektor UIN Suska Riau Prof DrKhairunnas Rajab melalui pernyataannya yang diterima, Sabtu, menjelaskan, SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan Menteri Agama.

"Pelaksanaan SPAN-PTKIN harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN," katanya.

Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN itu sendiri ditanggung pemerintah sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Rektor menyebutkan jalur seleksi ini didasari oleh pemikiran bahwa lulusan sekolah/madrasah yang berprestasi akademik tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya, serta diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi dan layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di Perguruan Tinggi melalui SPAN-PTKIN.

Baca juga: Rektor UIN Suska Riau bersilaturahmi ke kediaman Wapres RI

SPAN PTKIN tahun 2023 diikuti oleh 59 perguruan tinggi, termasuk Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau.

Di UIN Suska terdapat 22 Prodi dari 41 prodi S1 yang menerima mahasiswa melalui jalur SPAN PTKIN ini.

Prodi tersebut adalah yang memperoleh izin penyelengaraan dari Kementerian Agama. Sedangkan 19 prodi S1 lainnya adalah prodi umum, yang menerima mahasiswa melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) yang diselenggarakan Kemdikbudristek.

Sesuai dengan kebijakan pemerintah, kuota penerimaan mahasiswa baru UIN Suska Riau, melalui jalur SPAN PTKIN adalah 20% dari seluruh kuota.

Ini menunjukkan UIN Suska hanya menerima 496 mahasiswa untuk 22 prodi di jalur seleksi ini. Sedangkan pendaftar pilihan 1 dan 2 jalur ini berjumlah 4.460 orang. Ini berarti secara umum, UIN Suska hanya meluluskan 11% dari keseluruhan pendaftar.

"Hal ini sekaligus menandai tingkat selektifitas yang tinggi dalam penerimaan mahasiswa barunya melalui jalur ini," demikian Rektor UINSuskaRiau.