RAPP dan Unri siapkan SDM untuk produksi pulp dan kertas

id Universitas Riau ,RAPP

RAPP dan Unri siapkan SDM untuk produksi pulp dan kertas

Mahasiswa Prodi Teknologi Pulp dan Kertas usai berkeliling menggunakan bus listrik RAPP. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dan sejumlah awak media melakukan kunjungan ke Program Studi (Prodi) Teknologi Pulp dan Kertas Universitas Riau (Unri), Selasa siang. www.aprilasia.com

Dalam kunjungannya, perusahaan kertas ini juga memperkenalkan bus listrik miliknya. Para mahasiswa Prodi tersebut berkesempatan mencoba berkeliling dengan bus listrik. Tampak rasa antusias tergambar di wajah mereka.

Prodi Pulp dan Kertas sendiri merupakan kerjasama antara Unri, RAPP dan Tonoto Foundation. Kunjungan tersebut didampingi oleh Kepala Prodi, Dr Evelyn.

Evelyn menjelaskan seluruh pembangunan gedung, infrastruktur dan fasilitas Prodi ini dibiayai oleh Tanoto Foundation dan RAPP. Visi lahirnya Prodi ini ialah menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang bubur kertas dan kertas serta rayon.

Sejalan pula dengan RAPP yang memang memerlukan SDM yang siap pakai dan mampu bekerja di banyak bagian.

"Dua angkatan mahasiswa kami sudah lulus dan 98 persen langsung diterima di RAPP. Laboratorium yang ada mampu menjadi tempat untuk praktikum pembuatan kertas hingga pemutihan," terangnya.

Lanjut Evelyn, bahan baku mentah dan bahan kimia yang diperlukan untuk pembelajaran dikirim langsung dari RAPP. Bahkan tenaga pengajar sebagian besar merupakan praktisi dari RAPP.

"Nama kelas di Prodi kami juga disesuaikan dengan tiap proses pembuatan di RAPP. Mahasiswa kami juga berkesempatan magang selama sembilan bulan di perusahaan RAPP," pungkas Evelyn.

Bagi calon mahasiswa yang berkeinginan masuk dan menjadi mahasiswa di Prodi Teknologi Pulp dan Kertas Unri dapat mencoba di salah satu ujian masuk perguruan tinggi, yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Jalur mandiri.