Ular piton sepanjang 5 meter hebohkan warga Rimbo Panjang Kampar

id Ular piton

Ular piton sepanjang 5 meter hebohkan warga Rimbo Panjang Kampar

Ular piton sepanjang 5 meter yang berhasil ditangkap warga Kampar (ANTARA/dok)

Kampar (ANTARA) - Warga Perum Mustamindo Permai 3, Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kampar dikejutkan dengan kemunculan ular piton (Malayopython reticulatus) sepanjang 5 meter, Jumat (17/2) malam.

Ketua RT setempat, Suhudi menjelaskan ular tersebut muncul di semak-semak tepat di belakang rumah warga. Warga yang terkejut langsung melaporkan kejadian tersebut.

Dikatakannya, awalnya tampak kucing yang kemungkinan ingin dilahapnya. Selain itu, ular tersebut juga tampak mengintai seekor katak berukuran besar.

"Sebetulnya ular ini muncul enambulan lalu, namun tak berhasil kami tangkap karena langsung bersembunyi dan hilang. Lalu keluar lagi tadi malam. Besar dugaan ini ular yang sama," terangnya.

Kemudian warga bersama-sama mencoba menangkap ular tersebut dengan tangan kosong setelah sempat memantau pergerakan ular hingga pukul 23.00 WIB.

"Kami sesama masyarakat menangkap ular tersebut. Memang salah satu dari kami memiliki profesi dan kemampuan khusus untuk menangkap ular ini," sebut Suhudi.

Suhudi menduga selain ular yang berhasil ditangkap ini, terdapat pula seekor ular lain. Namun saat warga tengah sibuk menangkap ular ini, ular yang lain berhasil melarikan diri.

"Seekor ular berhasil kabur. Sekarang ular piton yang berhasil kami tangkap ini akan kami serahkan ke BBKSDA Riau," pungkasnya.