Pemko Pekanbaru gesa perbaikan jalan setiap hari

id Pemko, Pekanbaru, jalan, perbaikan

Pemko Pekanbaru gesa perbaikan jalan setiap hari

Pj Sekdako Pekanbaru yang juga Kadis PUPR, Indra Poni Nasution. (ANTARA/HO-Pemko Pekanbaru)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru terus menggesa perbaikan jalan rusak melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setiap hari bersama pihak ketiga di sejumlah titik ruas jalan guna menciptakan kenyamanan pengguna jalan di Ibu Kota Provinsi Riau ini.

"Jadi untuk perbaikan jalan tetap kita terus gesa. Tim melakukan perbaikan jalan setiap hari. Target perbaikan di 50 titik ruas jalan dalam triwulan pertama tahun 2023 ini," ujar Penjabat Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasutiondi Pekanbaru, Selasa.

Dikatakan Indra yang juga sebagai Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru ini, mayoritas perbaikan jalan rusak dilakukan dengan cara tambal sulam, yakni hanya pada titik kerusakan atau lubang jalan.

Sementara untuk over layataupelapisan diperlukan biaya cukup besar sekitar Rp1 miliar untuk 1 kilometer. Kategori jalan yang bisa dilakukan pelapisan adalah kondisi jalan rusak dengan jumlah lubang jalan yang cukup rapat dan banyak.

"Jalan dalam kondisi mantap lebih kurang di angka 74,5 persen. Ini sudah sangat tinggi dibandingkan rata-rata nasional itu hanya 60 persen saja," terang Indra Pomi.

Di Kota Pekanbaru sendiri ada 1.946 ruas jalan dengan total panjang 1.277 kilometer yang menjadi kewenangan pemerintah kota. Dari jumlah itu, sekitar 74,5 persen dalam kondisi baik, dan dalam kondisi rusak berat itu di angka 25 persen lebih.

Untuk perbaikan tersebut Pemko Pekanbarumendapat kucuran anggaran dari Pemerintah Provinsi Riau mencapai Rp12 miliar pada tahun ini untuk membantu perbaikan lima ruas jalan yang rusak berat.

Ruas jalan yang dilapisi itu yakni Jalan Firdaus, Parit Indah dan Jalan Tanjung di Kecamatan Bukit Raya. Kemudian di Jalan Pemuda di Kecamatan Payung Sekaki dan Jalan Dahlia di Sukajadi.