Meranti gelar turnamen terbuka sepakbola, daerah luar boleh ikut

id Open turnamen sepakbola Menebas Cup I,Sepakbola di Meranti

Meranti gelar turnamen terbuka sepakbola, daerah luar boleh ikut

Ketua Penyelenggara Menebas Cup I 2023 di Kepulauan Meranti, Syaiful Bakri didampingi Pengawas Pertandingan Iwan Nasution memberikan informasi seputar open turnamen sepakbola kepada sejumlah awak wartawan di salah satu kedai kopi di Selatpanjang, Kamis (5/1/2023). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Mahmuzin Taher (MT) bersama Jonny Katan (JK) menggelar turnamen terbuka sepakbola Menebas Cup I. Turnamen yang akan dilaksanakan pertengahan Januari 2023 ini terbuka untuk daerah yang luar Kabupaten Kepulauan Meranti.

Ketua Penyelenggara Menebas Cup I Syaiful Bakri didampingi Pengawas Pertandingan Iwan Nasution mengatakan, pendaftaran peserta dibuka sampai tanggal 10 Januari 2023.

Kemudian, pada 12 Januari akan dilaksanakan temu teknik dan 14 Januari langsung dimulai pertandingannya. Untuk open turnamen Menebas Cup I 2023 ini, kata Syaiful, jumlah pesertanya dibatasi 64 klub.

"Kalau perkiraan awal, turnamen bisa selesai selama satu bulan 5 hari. Itu belum pasti karena kita tidak pernah tahu kondisi cuaca. Kalau hujan, tentu kita stop dulu pertandingannya," kata Syaiful, Kamis.

Hingga Rabu sore, sudah ada 42 klub yang mendaftar. Mereka memberi ruang dan tidak membatasi pemain dari luar Meranti yang akan bertanding di Menebas Cup I, baik hanya beberapa orang maupun satu klub.

"Silahkan saja kalau ada klub dari luar Meranti yang ikut mendaftar. Bahkan, kalau ada klub dari luar Provinsi Riau, seperti dari Kepri, kita terima dan kita siap memfasilitasi mereka jika butuh home stay," kata Syaiful.

Selain untuk melahirkan bibit terbaik sepakbola, ujar Syaiful, turnamen ini juga sebagai motivasi untuk anak-anak Kepulauan Meranti. Kehadiran pemain luar yang punya jam tanding tinggi, diyakini mampu menarik perhatian masyarakat banyak dan menaikkan semangat anak daerah untuk menjadi pemain sepakbola.

Ditambahkan Iwan Nasution, agar turnamen Sepakbola Menebas Cup I berjalan lancar, mereka memakai wasit yang sudah memiliki lisensi. Selain itu, aturan yang diterapkan mengacu pada regulasi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

"Supaya turnamen ini sukses, kami tak bosan-bosannya mengingatkan wasit agar betul-betul dalam memimpin pertandingan. Kami ingin, pelaksanaan ini jadi contoh ke kecamatan yang lain. Kami kasih kesempatan wasit, pengawas pertandingan ke anak-anak lokal yang berlisensi," ujar Irwan.

Pada open turnamen sepakbola Menebas Cup I 2023, total hadiah yang disiapkan sebesar Rp 55 juta. Selain tropi dan medali, juara I akan mendapatkan uang tunai Rp 25 juta, juara II Rp 15 juta, juara III Rp 7 juta dan juara IV Rp 5 juta. Selain itu, panitia juga menyiapkan uang tunai masing-masing Rp 1 juta untuk top skor, pemain terbaik dan kipar terbaik.

Untuk informasi pendaftaran dan pelaksanaan open turnamen Menebas Cup I 2023, bisa menghubungi 081371335865 (Adex) dan 082262558644 (Sutarni). Untuk biaya pendaftaran, tiap tim dikenakan Rp 500 ribu.