Dua tahun absen, Pemkab Siak kembali gelar Safari Ramadhan

id Safari, Ramadhan, Siak,Safari ramadhan, pemkab siak

Dua tahun absen, Pemkab Siak kembali gelar Safari Ramadhan

Bupati Siak saat Safari Ramadhan. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Pemkab Siak kembali menggelar Safari Ramadan pada 1443 Hijriah setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi. Tahun ini dimulai dari Masjid Istiqomah, Kampung Mengkapan, kecamatan Sungai Apit dan selanjutnya kesemua 14 kecamatan yang ada di kabupaten itu.

"Alhamdulillah, karena wabah Covid ini sudah melandai kita bisa mengelar safari dan kembali dapat menjalin uhkuwah islamiah, namun tetap menjaga protokol kesehatan,” kata Bupati Siak, Alfedri, Rabu malam yang datang dengan rombongan forum komunikasi pimpinan daerah dan pejabat Pemkab Siak.

Ia menyampaikan pembangunan dari sisi keagamaan seperti zakat kabupaten terus meningkat. Bupati Alfedri minta

anak Mengkapan harus memiliki sumber daya manusia sehingga ke depan bisa

memiliki daya saing.

Untuk peningkatan Sumber Daya Manusia Pemkab Siak sudah ada Politeknik Negeri polanya perkuliahan di luar kampus utama (PSDKU). Sekarang memiliki tiga jurusan di antaranya teknik kimia, teknik mesin untuk bisa dikuliahkan.

Namun begitu perkembangan daerah harus diikuti dengan peningkatan iman dan takwa generasi muda. Itu agar anak-anak tidak terpengaruh budaya asing dan narkotika dan obat-obatan terlarang.

”Jika daerah ini maju anak-anak harus kita siapkan iman dan takwannya. Bentengi anak kita dari pengaruh narkoba, masuk anak ke Pondok pesantren. Di pesisir ini lalulintasnya narkoba, jika tidak kita sikapi generasi kita bisa rusak,” tuturnya.

Alfedri juga menyinggung Kampung Mengkapan yang menjadi tempat bertugas nya dulu. Menurutnya daerah ini ke depan akan maju pesat, karena letaknya cukup strategis, gerbang lalu lintas orang dan barang juga dekat dengan Pelabuhan Industri Tanjung Buton (KITB).

”Masa saya bertugas 89 kampung Mengkapan ini tidak bisa di tempuh dengan jalan darat, sekarang Alhamdulillah akses jalan sudah semakin baik, aktifitas pelabuhan meningkat, ini patut kita syukuri. Kita doakan Kawasan Industri Tanjung Buton terus maju berkembang,” ujar dia

Pada kesempatan itu, Bupati Alfedri menyerahkan sejumlah bantuan secara simbolis berupa sajadah kepada pengurus Masjid Istiqomah kecamatan Sungai Apit. Juga bantuan sosial untuk anak yatim se-kecamatan dan bantuan zakat konsumtif dari Baznas Kabupaten Siak.

Pada saat yang sama Wakil Bupati Siak Husni Merza juga melaksanakan di Masjid Nurul Huda, Kampung Bungaraya, Kecamatan Bungaraya. Dalam sambutannya, Wakil Bupati Siak Husni Merza terlebih dahulu mengucapkan syukur bahwa kegiatan Safari Ramadan tahun ini.

"Pada kegiatan Safari Ramadan, kami akan melaksanakan buka bersama, salat magrib, isya dan melaksanakan salat tarawih bersama dengan masyarakat," sebut Wabup Siak.