Pemkab Siak dorong masyarakat sampaikan SPT Tahunan lebih awal

id Kkp pratama siak, djp riau

Pemkab Siak dorong masyarakat sampaikan SPT Tahunan lebih awal

Wabup Siak Husni Mirza. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Wakil Bupati Siak Husni Mirza mendorong masyarakat Siak dan semua pegawai instansi pemerintah agar segera melaporkan SPT Tahunan Tahun 2021 lebih awal.

"Kondisi pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia bukan menjadi penyebab kewajiban penyampaian SPT Tahunan kita abaikan" ucap Wabup Siak.

Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Siak saat menghadiri acara Pekan Panutan Pajak Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh KPP Pratama Pangkalan Kerinci bersama Pemerintah Kabupaten Siak serta dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Siak, Kepala Kantor Wilayah DJP Riau, pimpinan instansi vertikal, pimpinan BUMN atau BUMD serta para tokoh masyarakat, asosiasi dan koperasi se Kabupaten Siak di Siak Sri Inderapura, Selasa, (15/3).

Menurutnya, pajak memiliki peranan penting bagi negara, termasuk Kabupaten Siak terutama dalam pembiayaan pembangunan dan pengeluaran rutin di sektor kesehatan, pendidikan, infrastruktur, layanan sosial dan pembiayaan lainnya.

Oleh karenanya, apresiasi kepada KPP Pratama Pangkalan Kerinci dan KP2KP Siak Sri Indrapura atas kemitraan dan kerjasamanya selama ini yang dituangkan dalam Kesepakatan kerjasama tripartit antara Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah (DJPK) dan Pemerintah Kabupaten Siak, sebutnya.

Semoga kerjasama ini dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah DJP Riau yang diwakili oleh Verizal Suryadi, mengatakan pentingnya meningkatkan kerjasama yang lebih intensif mengingat adanya perjanjian kerjasama tripartit yang sudah di tandatangani dan disepakati bersama.

Selain itu, Verizal menyampaikan Pekan Panutan Pajak dapat digunakan sebagai momentum agar asosiasi dan koperasi memberikan contoh dan panutan (role model) kepada masyarakat Wajib Pajak untuk menyampaikan SPT Tahunan 2021 yang akan segera berakhir.

“Roh dan esensi utama dari kegiatan Pekan Panutan Pajak adalah bagaimana kita semua stakeholderdapat memberikan contoh dan panutan kepada masyarakat Wajib Pajak dalam penyampaian SPTTahunan 2021 lebih awal sehingga kepatuhan Wajib Pajak kedepannya dapat meningkat lebih baik,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Pangkalan Kerinci Anung Setia Nugraha menyampaikan capaian-capaian kinerja tahun 2021 yang melebihi target yang diemban serta menegaskan bahwa hal ini juga tak lepas dari kerjasama dan sinergitas dari Pemda Siak dalam upaya optimalisasi bersama pajak pusat maupun daerah.

Untuk mendorong pencepatan dalam pelaporan SPT Tahunan 2021, KPP Pratama

memberikan apresiasi khusus bagi OPD, kecamatan, desa atau lurah, instansi vertikal dan bendahara instansi, ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kanwil DJP Riau kepada Pemerintah Kabupaten Siak atas hibah tanah untuk pembangunan Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan.