Tradisi Pacu Jalur di Kuansing akan digelar setiap hari besar

id Kuansing,Wisata,Paju jalur

Tradisi Pacu Jalur di Kuansing akan digelar setiap hari besar

Pacu Jalur Fantasi yang digelar saat pandemi secara virtual agar tidak menimbulkan keramaian di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, pada awal Mei 2021. (ANTARA/HO-Dinas Pariwisata Riau)

Teluk Kuantan (ANTARA) - Pelaksana Tugas Bupati Kuantan SingingiSuhardiman Amby mengatakan acara pacu jalur akan digelar setiap ada peringatan hari besar nasional, sebagai langkah promosi sejumlah objek wisata lokal.

"Jadi, bukan saja pada saat Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI," katanya di Teluk Kuantan, Jumat.

Menurutnya, dengan program itu bisa mendukung promosi sejumlah objek wisata di Kuansing ke semua daerah dan bahkan secara nasional.

Selain itu, program ini akan membantu peningkatan ekonomi masyarakat, usaha kecil menengah seperti hasil kerajinan, kreativitas yang sudah ada akan semakin maju.

"Makanan dan minuman khas dan produksi kerajinan lokal Kuansing berpotensi semakin dikenal luas secara nasional," ujarnya.

Namun demikian, lanjutnya, untuk mewujudkannya perlu proses dan dukungan besar dari semua pihak. Program ini sudah dibahas dengan instansi terkait agar bisa berjalan optimal dan tepat sasaran.

Suhardiman Amby menambahkan, peluang untuk mengembangkan potensi wisata terbuka luas. Pacu Jalur yang sudah tersohor hingga ke Manca Negara harus terus dikembangkan, dilestarikan sebagai objek wisata berkelas.

PajuJalur adalah lomba dayung tradisional yang diadakan di sungai dengan peserta dari seluruh daerah yang ada di Kuansing.