Qari dan Qariah Kampar terima uang operasional dan pembinaan

id Mtq,Pemkab kampar

Qari dan Qariah Kampar terima uang operasional dan pembinaan

Asisten Administrasi Pemerintahan  Ahmad Yuzar memberikan bantuan operasional dan pembinaan untuk qori dan qoriah. (ANTARA/dok)

Walau tidak seberapa uang operasional dan pembinaan ini dapat dipergunakan untuk keperluan pengembangan seni baca Al-Qur'an di negeri serambi mekkah Riau ini
Kampar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kampar memberikan uang operasional dan pembinaan untuk qori dan qoriah dalam menyongsong MTQ Tingkat Provinsi Riau yang akan digelar di Kabupaten Rokan Hilir pertengahan tahun ini.

"Walau tidak seberapa uang operasional dan pembinaan ini dapat dipergunakan untuk keperluan pengembangan seni baca Al-Qur'an di Negeri Serambi Mekkah Riau ini," kata Asisten Administrasi Pemerintahan Ahmad Yuzar di Pondok Pesantren Al-Utsaimin Bangkinang Kota, Senin.

"Dengan bantuan kepada pondok pesantren dan Taman Pendidikan Qur'an kita berharap pembinaan terus dapat dilakukan sekaligus dapat menjadi motivasi dalam rangka membumikan Alquran di Negeri Serambi Mekkahnya Provinsi Riau," ujarnya.

Hadir di sana, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Kampar Yurmailis Saruji didampingi Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Yurnalis serta pengasuh dan pengurus Pondok Pesantren itu.

Sementara itu Yurmailis Saruji mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang sangat bermanfaat pembinaan dan pengembangan Qori dan Qoriah melalui LPTQ Kampar.

"Silaturrahmi antara pemerintahan, LPTQ Kampar dan pondok pesantren, pembinaan ini berbasis kepada Pondok Pesantren dalam rangka mempersiapkan kafilah Kabupaten Kampar menuju MTQ Provinsi Riau ke-40 di Kabupaten Rokan hilir yang diperkirakan bulan Juni atau bukan Juli 2022," terangnya.

Dia katakan, LPTQ tidak hanya mempersiapkan MTQ saja akan tetapi bagaimana meningkatkan penghayatan dan pengamalan Al Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

Hubungan emosional yang kental dengan pondok-pondok pesantren yang ada sangat mengharapkan unggulan-unggulan cabang MTQ yang diperlombakan.

"Tahun ini Kampar tidak melaksanakan MTQ secara seremonial akan tetapi rekrutmen peserta kafilah akan dilakukan dengan seleksi yang ketat," terangnya.