Danamon Targetkan Pertumbuhan Tabungan Mikro 35 persen

id danamon targetkan pertumbuhan tabungan mikro 35 persen

Danamon Targetkan Pertumbuhan Tabungan Mikro 35 persen

Majalengka, (antarariau.com) - PT Bank Danamon Tbk menargetkan pertumbuhan tabungan mikro pada unit bisnis Danamon Simpan Pinjam (DSP) mencapai lebih dari 35 persen pada 2013.

"Kedepannya ini jadi salah satu target kami untuk menghimpun simpanan yang cukup besar untuk mengimbangi besarnya pinjaman yang selama ini kami berikan ke masyarakat," kata Direktur Bisnis Mikro PT Bank Danamon Tbk Minhari Hadikusuma di Majalengka, Sabtu.

Pihaknya pun optimistis target pertumbuhan tabungan mikro diatas 35 persen atau hampir mencapai Rp1,7 triliun tersebut bisa tercapai.

"Saya kira pertumbuhan simpanan akan lebih besar dari pertumbuhan pinjaman tapi saat ini basisnya memang masih kecil. Tapi kami yakin bisa tumbuh diatas 35 persen," katanya.

Menurut dia, sejak awal DSP dibentuk sebagai salah satu unit usaha Bank Danamon, nilai pinjamannya jauh lebih besar daripada jumlah simpanannya.

"Pada awal kami bangun DSP sampai sekarang itu dominasinya ada di pinjaman," katanya.

Menurutnya perbandingan jumlah pinjaman dibandingkan dengan simpanan di DSP sangat besar karena lebih banyak nasabah yang datang ke DSP untuk mencari pinjaman daripada untuk menabung.

"Jadi fungsi intermediasinya lebih banyak yang meminjam melalui DSP ini dibandingkan mereka yang menyimpan uangnya," katanya.

Dia mengatakan upaya memfokuskan peningkatan porsi tabungan mikro itu sudah dilakukan sejak 2012 silam. ***3***

Oleh Anita Permata Dewi