Jurnalis harus terampil mengolah website

id Fjrk, jurnalis remaja

Jurnalis harus terampil mengolah website

Suasana pelatihan. (ANTARA/Zora Anjani)

Bangkinang Kota (ANTARA) - Forum Jurnalis Remaja Kampar (FJRK) belajar mengolah website yang dipandu oleh Insan Pers dan Dinas Kominfodalam sebuah pelatihan di Kantor Diskominfo, Sabtu.

Wartawan senior Adi Jondri mengingatkan peserta agar memperhatikan materi ini dengan serius karena sangat penting untuk dapat mengunggah sebuah berita bagi seorang jurnalis seperti penerbitan berita pada website sekolah masing-masing peserta.

Pada pelatihan ini, peserta pelatihan jurnalistik diajarkan mengenai apa itu website, komponen-komponen penyusunnya dan juga cara membuat website yang sampaikan oleh Benny Putra, staf IT Diskominfo Kampar selaku pemateri.

Benny mencontohkan pembuatan sebuah website yang kemudian masing-masing siswa melakukan praktik mengunggah berita di website tersebut dengan disertai foto dan video melalui handphone masing-masing.

Pelatihan dilakukan dengan tetap menjaga protokol kesehatan agar terjaga dari penularan COVID-19. Di pertemuan ke-6 ini, para peserta hadir dengan semangat juga didampingi oleh wartawan senior Aprizal dan sekretaris tim Sudirman.

Website ini merupakan komponen yang sangat penting dalam jurnalistik karena melalui website inilah karya-karya jurnalistik dapat diterbitkan dan informasi-informasi terkini dapat tersebar dengan cepat.

Pelatihan masih terus berlanjut hingga beberapa pertemuan ke depan. Lokasi pertemuan selanjutnya yaitu di SMAN 2 Bangkinang Kota dan membahas materi yang tak kalah pentingnya yakni tentang kode etik jurnalistik.

Baca juga: Menghidupkan potensi masyarakat melalui Rumah Kreatif