Tim balap sepeda gunung Indonesia berlatih di lereng Gunung Merapi

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, sepeda gunung

Tim balap sepeda gunung Indonesia berlatih di lereng Gunung Merapi

Pebalap sepeda Riska Amelia berlaga pada babak "final run" Kejuaraan 76 Indonesian Downhill 2019 di Ternadi, Kudus, Jawa Tengah, Minggu (13/10/2019). Dalam kompetisi nasional balap sepeda turun bukit yang diikuti ratusan pebalap dari Indonesia, Malaysia dan Hong Kong itu, pebalap Indonesia Khoiful Mukhib menjadi juara pertama di kelas "Men Elite" dengan poin 240 dan Tiara Andini Prastika meraih juara pertama di kelas "Women Elite" dengan poin 250. (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/wsj.)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah atlet tim nasional balap sepeda gunung downhill Indonesia berlatih di Sirkuit Downhill Kemirikebo, Yogyakarta, yang letaknya di lereng Gunung Merapi pada Sabtu.

Pelatih kepala balap sepeda timnas Indonesia, Dadang Haris Purnomo, mengatakan latihan kali ini diikuti enam atlet nasional. Mereka adalah Ayu Tria Andriana, Tiara Andini Prastika, Riska Amelia Agustina, Andy Prayoga, Popo Ario Sejati, dan Rendy Varera Sanjaya.

Baca juga: Miller juarai GP Spanyol, Quartararo gagal hattrick di Jerez

Selama berlatih di sana, mereka berada di bawah bimbingan tim pelatih dan ofisial dari Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI).

Dadang menilai Sirkuit Downhill Kemirikebo memiliki fasilitas yang baik untuk dijadikan tempat berlatih.

Baca juga: Ini deretan warisan Valentino Rossi untuk MotoGP

"Kemirikebo itu berada di daerah Turgo, kaki bukit Gunung Merapi. Kebetulan hari ini sedikit mendung, jadi cuacanya bersahabat," kata Dadang saat melakukan siaran langsung Instagram melalui akun resmi PB ISSI, Sabtu.

Tak hanya timnas, Dadang seraya memamerkan jersey baru timnas downhill Indonesia, menjelaskan sejumlah komunitas downhill juga melakukan latihan di Kemirikebo.

Baca juga: Valentino Rossi bersiap untuk perpisahan emosional di balapan pemungkas MotoGP

Dalam kesempatan ini, Dadang menyampaikan bahwa latihan kali ini adalah bagian dari persiapan SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam yang semula dijadwalkan bergulir pada 21 November-2 Desember 2021, namun harus ditunda hingga 2022 karena pandemi COVID-19.

Meski belum ada kepastian terkait jadwal baru, timnas timnas downhill Indonesia tetap berlatih dan menjaga performa untuk bisa memberikan hasil maksimal ketika jadwal SEA Games Hanoi sudah ditentukan.

Dua tahun yang lalu tepatnya di SEA Games 2019 Filipina, tim sepeda gunung Indonesia membawa pulang satu perak dan satu perunggu masing-masing melalui Tiara Andini Prastika di nomor downhill putri dan Andy Prayoga nomor downhill putra.

Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar