Perekaman E KTP Dumai Hampir 100 Persen

id perekaman e, ktp dumai, hampir 100 persen

Dumai, (antarariau) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Dumai, hingga kini sudah merealisasikan 97 persen perekaman data elektronik KTP dari wajib sebanyak 166.724 jiwa.

Kepala Disdukcapil setempat, Muhammad Nizam tidak henti-hentinya mengajak warga yang belum merekam agar secepatnya mendatangi tempat-tempat perekaman data yang disediakan pemerintah.

"Kami sudah berulang kali mengimbau masyarakat wajib e-KTP yang belum merekam, namun hingga kini masih ada juga warga yang belum melakukan perekaman," terang Nizam di Dumai, Jumat.

Sejak program e-KTP diluncurkan di kota Dumai bersama sejumlah daerah lainnya di Riau, sejauh ini perekaman data yang sudah terlaksana di semua tempat berjalan baik.

Warga yang belum mendaftar perubahan pencatatan sistem identitas kependudukan diharapkan bisa mendatangi Kantor Kecamatan di domisili setempat dan kantor Disdukcapil.

"Perekaman data tidak dipungut biaya hingga akhir tahun ini dan untuk tahun seterusnya kemungkinan belum diketahui karena tergantung kebijakan pemerintah pusat.

Ia mengklaim program e-KTP di Dumai sukses terlaksana dengan mekanisme sistem penggantian identitas penduduk telah melayani siang malam oleh petugas operator dan peralatan pendukung perekaman.

"Saat ini kita sudah mulai membagikan keping e-KTP kepada warga yang bisa dijemput langsung di kantor kecamatan domisili masing-masing. Namun, untuk perekaman, pihaknya tetap melayani di tempat-tempat yang sudah ditentukan," terangnya.

E-KTP ini, lanjut Nizam, merupakan kepentingan penertiban administasi penduduk yang akan berguna ketika pemerintah sudah memberlakukan sebagai identitas resmi menggantikan KTP lama.