Biaya Pembukaan PON Tak Sampai Rp75 Miliar

id biaya pembukaan, pon tak, sampai rp75 miliar

Pekanbaru, (antarariau) - Ketua Harian Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional XVIII/2012 Syamsurizal menyatakan biaya pembukaan multi event olahraga itu pada Selasa malam di Pekanbaru tidak sampai Rp75 miliar.

"Tidak sampai. Perkiraan saya biaya yang dikeluarkan untuk acara pembukaan PON tadi malam hanya tidak sampai Rp75 miliar," kata Syamsurizal di Pekanbaru pada Rabu.

Ia mengakui jumlah tersebut wajar kerena menurutnya acara pembukaan PON XVIII di Stadion Utama Riau dirangkum dan digelar begitu megah.

Namun ditanya besaran biaya pasti pada acara yang dihadiri langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono itu, Syamsurizal mengaku belum mengkalkulasinya secara rinci.

"Ini kan masih acara pembukaannya. Sementara penutupan nanti kan belum. Sekalian aja lah nanti menghitungnya. Sementara perkiraan untuk pembukaan tidak sampai Rp75 miliar," katanya.

Sebelumnya beberapa pihak menyatakan open seremoni PON XVIII pada Selasa malam dilaksanakan di Stadion Utama Riau yang berlokasi tepat di kompleks Universitas Riau (UR) dengan menghabiskan dana mencapai Rp75 miliar.

Berbagai acara ditampilkan dengan meriah dan gemerlap dengan lampu hias yang ditata sedemikian rupa.

Ragam pertunjukan seni tari hingga konser sejumlah artis nasional juga turut ambil bagian dalam memeriahkan pembukaan PON Riau.

Namun disisi lain, lebih seperempat dari jumlah kursi tersedia yang mencapai 40.700 unit tampak kosong tanpa penghuni.

Hal itu menurut sebagian kalangan warga disebabkan pemberlakuan tiket masuk yang seharga Rp100 ribu hingga Rp2 juta per kursi.