Pekanbaru meterisasi 9.283 titik lampu penerangan jalan umum

id Lampu penerang,pln pekanbaru, meterisasi,lpju pekanbaru

Pekanbaru meterisasi 9.283 titik lampu penerangan jalan umum

Kepala Bidang Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana Dishub Pekanbaru, Adi Lesmana. (ANTARA/HO-Humas Pemko)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Perhubungan setempat menargetkan pemasangan meterisasi 9.283 titik lampu penerangan jalan umum (LPJU) hingga akhir tahun 2021 guna menghemat pemakaian.

"Lokasi LPJU ini berada di Rayon Panam dan Simpang Tiga," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Yuliarso, melalui Kepala Bidang Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana, Adi Lesmana di Pekanbaru, Kamis.

Dikatakan Adi, meterisasi yang akan dilakukan ini pengadaannya sudah di tahun kemaren, tahun ini tinggal pemasangan meterisasinya, 9.283 titik.

"LPJU yang kita meterisasi ini berupa lampu Son-T sekitar 9.283 titik," kata Adi Lesmana.

Lebih jauh dijelaskan Adi Lesmana, terhitung 2017 lalu, pengelolaan LPJU sudah dilakukan oleh Dishub, dengan titik LPJU sebelumnya sebanyak 41.332 titik.

Berdasarkan data 41.332 titik LPJU, Dishub bersama PLN kembali melakukan pendataan dan verifikasi.

"Kita ingin tau berapa jumlah sebenarnya. Karena wilayah administrasi kota berbeda dengan rayon-rayon PLN. Rayon PLN itu ada sebagian di Kampar, seperti diperbatasan. Kita data dan verifikasi, jadi totalnya itu ada sekitar 37.133, setelah di data dan diverifikasi bersama, ada sekitar 4 ribuan selisihnya. Artinya (ada LPJU) diluar Kota Pekanbaru," jelasnya.

Dari 37.133 titik, disebutkan Adi Lesmana, 1.907 titik sudah diremajakan ke LED smart system dan PJUTS. Lampu tersebut sebelumnya dikatakan Adi Lesmana berupa lampu Son T 250 watt hingga 500 watt

"LPJU Son-T 250 watt itu sekarang kondisinya 6.775 titik. Kemudian LPJU yang sudah kita tertibkan ke LHE 62 watt yang ada di jalan-jalan lingkungan sekitar 19.168 titik.

Untuk total panel boksmeterisasi, diungkapkan Adi Lesmana, dari total 150 box panel, 86 box panel diantaranya sudah terpasang.

"Itu dipasang oleh anggota kita di lapangan, untuk meterisasi di Panam dan Simpang Tiga, total sudah 86 panel yang sudah kita pasang, ini berangsur-angsur," tukasnya.

Baca juga: PLN Dumai dukung penertiban kabel ilegal

Baca juga: Banyak kabel semrawut di tiang, ini permintaan legislator Dumai


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar