Pengrajin batik Kuansing harus tangkap peluang

id Ketua tp pkk : pengrajin batik harus tangkap peluang,Pkk kuansing

Pengrajin batik Kuansing harus tangkap peluang

Anggota TP PKK Kabupaten Kuansing. (ANTARA/

Teluk Kuantan (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak PKKKabupaten Kuantan Singingi Wella Mayangsari meminta semua pengurus dan masyarakat pengrajin batik dapat menangkap berbagai peluang, sehingga hasil karya khas daerah dapat berkembang, memenuhi kebutuhan pelanggan.

Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua TP PKK saat mengunjungi pengrajin batik di Kebun Lado, Singingi,Senin (14/6).

"Saya bangga atas perkembangan batik Kuansing, namun teruslah bersemangat dan tingkatkan produksinya," kata Wella Mayangsari.

Peluang seperti, masuk pasar batik nasional, ikut berpartisipasi pameran batik dan bahkan kebutuhan pakaian khas lokal.

Tentunya, Pemerintah Kabupaten Kuansing juga tidak tinggal diam, akan memberikan perhatian khusus terhadap perkembangan batik, mulai dari sarana, fasilitas pendukung dan bahkan proses pemasarannya. Oleh sebab itu, semua pengrajin haruslah optimis dan terus berkarya dengan beragam motifsesuai khas daerah dan kebutuhan.

Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Kopindag) Kuantan Singingi Azhar Ali di Teluk Kuantan, Selasa, mengatakan, kunjungan Ketua TP PKK berdampak positip, selain memberikan pembinaan juga menjawab keluhan pengrajin.

"Mudah - mudahan produksi batik ke depan semakin baik," harapnya.

Dalam kunjungan, Ketua TP PKK didampingi oleh Camat Singingi, Defrides Gusni, diterima langsung pengrajin rumah batik Lebah, Siska Apriyani serta rumah batik Antau Singingi, Dewi Laura.

Untungnya, pengrajin batik, justru memanfaatkan kesempatan itu untuk berkeluh resah, seperti masih minimnya permodalan serta peralatan yang dimiliki. Hal ini sebagai salah satu pemicu rendahnya produksi batik khas Kuansing.

Akibatnya, harga jual masih tinggi, bahkan, katanya, selama ini justru memproduksi batik masih berdasarkan pesanan. Oleh karena itu, pengrajin berharap ada perhatian pemerintah.

"Ketua TP PKK, merespon keluhan pengrajin, dan berjanji akan mencari solusinya," sebut Azhar.

Solusi yang dijanjikan, menambah semangat pengrajin. Selain itu, Camat Singingi, Defrides Gusni juga menyambut baik kehadiran TP PKK Kuansing beserta jajaran di wilayahnya. Karena bernilai positip bagi pengrajin batik lokal.

"Saya sangat apresiasi tinggi, mudah - mudahan ke depan usaha batik semakin optimal," harapnya.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar