Tim Stunting Bengkalis gesa aksi lima pembinaan KPM

id pemkab bengkalis,Stunting bengkalis, stunting riau

Tim Stunting Bengkalis gesa  aksi lima pembinaan KPM

Kadiskes Bengkalis Ersan Saputra

Bengkalis (ANTARA) - Tim Koordinasi Percepatan Pencegahan dan Penanganan Stunting Kabupaten Bengkalis menggesa pelaksanaan Aksi lima berupa pembinaan Kader Pembangunan Manusia (KPM).

“Saat ini tim stunting kabupaten Bengkalis bersiap akan melaksanakan Aksi 5 yakni pembinaan kader KPM,” ungkap Sekretaris I Tim Koordinasi Percepatan Pencegahan dan Psnanganan Stunting Kabupaten Bengkalis, dr Ersan Saputra TH, Senin.

Diungkapkan Ersan Saputra yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, tujuan aksi lima ini agar terjadi integrasi antar layanan kelompok prioritas 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) mendapatkan layanan.

Kehadiran KPM sangat diperlukan untuk memastikan lima paket layanan tersedia di desa dan diselenggarakan memenuhi SPM (standar pelayanan minimal) dan memastikan sasaran 1.000 HPK menerima lima paket layanan sesuai kebutuhan.

“KPM diharapkan dapat membantu desa melaksanakan kegiatan intervensi penurunan stunting terintegrasi, terutama integrasi layanan tingkat desa,” terang Ersan Saputra.

Diterangkan Ersan Saputra, permasalahan stunting tidak bisa hanya diselesaikan melalui program gizi saja, tapi harus terintegrasi dengan program lainnya, seperti dengan kehadiran KPM. Keberadaan KPM mempunyai tugas membantu pencegahan dan penurunan stunting di tingkat desa, sehingga terjadi penurunan stunting di Kabupaten Bengkalis.

Kompleksnya masalah stunting dan banyaknya stake holder yang terkait dalam intervensi gizi spesifik dan sensitif memerlukan pelaksanaan yang dilakukan secara terkoordinir dan terpadu kepada sasaran prioritas. Dilakukan secara konvergen dengan mengintegrasikan dan menyelaraskan berbagai sumber daya untuk mencapai tujuan pencegahan stunting.

Seperti diketahui, pada tahun 2021 Kabupaten Bengkalis ditunjuk sebagai lokus penurunan stunting. Tim Koordinasi Percepatan Pencegahan dan Penanganan Stunting Kabupaten Bengkalis, sejauh ini telah melaksanakan 4 tahapan aksi intervensi stunting dari keseluruhan delapan aksi intervensi.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar