Enam pesawat tempur F-16 milik AS latihan bareng di Pekanbaru

id F-16 AS,LAnud RSJ, TNI AU, roemin nurjadin, lanud roesmin nurjadin

Enam pesawat tempur F-16 milik AS latihan bareng di Pekanbaru

F-16 milik AS parkir di Pekanbaru. (ANTARA/HO-Humas)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak enam pesawat tempur F-16 milik Amerika Serikat parkir di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin (Lanud Rsn) Pekanbaru. Kedatangan pesawat Angkatan Udara Amerika Serikat itu untuk mengikuti latihan bersama dengan sandi "Cope Wast 2021".

Latihan bersama antara TNI Angkatan Udara dan Angkatan Udara Amerika Serikat akan dibuka pada Senin (14/6) Latihan tersebut akan berlangsung hingga 25 Juni 2021.

"Ada 6 pesawat F-16 dari US Pacaf, yang datang dari Pangkalan Misawa, langsung ke Pekanbaru dengan durasi 5 jam 30 menit. Mereka akan melaksanakan latihan terbang bersama Cope Wast 2021 bersama TNI AU," kata Komandan Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin PekanbaruKolonel (Pnb) Jajang Setiawan di Pekanbaru, Senin.

TNI AU menurunkan pesawat F-16 dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, dan Skadron Udara 3 dari Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur.

"Pesawat dari Lanud Iswahjudi sudah mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin pada Jumat (11/6) kemarin dan melaksanakan latihan terbang hari ini," katanya.

Selain pesawat tempur, puluhan prajurit berseragam loreng coklat juga sudah siap di Lanud Roesmin Nurjadin. Mereka adalah para crew dari United States Air Force (USAF).

Jajang mengatakan, latihan bersama ini untuk menjalin hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat. Juga bisa berbagi ilmu dari penerbang, masing-masing negara.

"Bagaimana kita bisa belajar, transfer ilmu. Baik yang dimiliki penerbang dari penerbang Amerika, maupun transfer ilmu dari kita. Dan yang penting lagi membina hubungan persahabatan antar penerbang dalam keseharian mereka terbang bersama," kata Jajang.

"Tentunya mereka banyak pengalaman di beberapa negara melakukan operasi-operasi udara. Itu yang kita inginkan, berbagi ilmu," sambung Jajang.

Baca juga: 10 jet tempur TNI AU Pekanbaru mendarat di Lanud SMH Palembang, ada apa?

Jajang menjelaskan, latihan bersama ini tetap mengutamakan protokol kesehatan COVID-19 sesuai aturan yang diberlakukan oleh Gugus Tugas COVID-19. Dengan menerapkan 5 M .

Prosedur kesehatan tetap dijalankan seperti, cek suhu, cuci tangan, saturasi oksigen, pengecekan hasil RT-PCR dari negara asal, bukti vaksinasi, pengecekan e-Hac dan pengambilan Swab RT-PCR.

"Mulai dari kedatangan crew 5 M sudah kami sosialisasikan, yakni mereka wajib menggunakan masker,mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencegah mobilitas interaksi," katanya.

Perlu diketahui sebelumnya, pesawat C-17 Globe Master milik Amerika Serikat telah mendarat di Bandara Sutan Syarif Kasim II, Senin (7/6/2021). Pesawat itu membawa puluhan ground crew/teknisi dan peralatan lainnya dalam rangka mendukung Air Maneuver Exercise (AMX) Cope West 2021.

Baca juga: Tingkatkan keahlian, Skadron Tempur Lanud RSN latihan terbang malam

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar