Selama April hanya 5 turis asing berkunjung ke Riau

id BPS Riau

Selama April hanya 5 turis asing berkunjung ke Riau

Pandemi COVID-19 sudah dua tahun melanda Riau, hingga berdampak minimnya kunjungan wisman ke provinsi itu.(Foto;Antara).

Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Riau, Misfaruddin menyebutkan pada April 2021, dari empat pintu masuk ke Riau tercatat hanya ada lima turis asing yang datang ke Provinsi Riau.

"Kunjungan wisman selama April 2021 tersebut jumlah tercatat merosot 58,33 persen, atau turun dibandingkan dengan Maret 2021 yang tercatat sebanyak 12 wisman," kata Misfaruddin di Pekanbaru, Rabu.

Penurunan kunjungan wisman ke Riau disebabkan oleh belum berakhirnya pandemi COVID-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, sekaligus menjadi faktor utama yang sangat mempengaruhi kunjungan wisman ke Indonesia dan khususnya ke Provinsi Riau.

Dari lima wisman yang berkunjung ke Riau itu tercatat melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II sebanyak 1 orang wisman dan empat lainnya melalui Pelabuhan Dumai.

"Mencermati pola kunjungan wisatawan mancanegara ke Provinsi Riau melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II yang berada di Kota Pekanbaru selama tahun 2018-2019 menunjukkan kondisi yang cukup berfluktuasi," katanya.

Akan tetapi, sebaliknya pada tahun 2020 mulai April hingga Desember hampir tidak ada wisman yang berkunjung ke Riau melalui pintu masuk Bandara SSK II karena pandemi COVID-19.

"Setahun sudah, sektor pariwisata mengalami dampak pandemik COVID-19 yang sampai saat ini belum juga berakhir. Jumlah wisman yang datang masih sangat rendah," katanya.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar