Judo Riau Optimis Raih Medali PON

id judo riau, optimis raih, medali pon

Pekanbaru, (antarariau) - Pengurus Provinsi Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) PJSI Riau, telah mempersiapkan tiga atlet secara matang agar mereka dapat meraih medali PON XVIII, 9-20 September 2012.

"Persiapan tiga pejudo itu sudah matang dan tinggal menjalani program Pelatda saja, dan optimistis merebut medali," kata pelatih judo Riau, Budi Wijanarko kepada wartawan di Pekanbaru, Kamis.

Menurut dia, bahwa atlet yang dipersiapkan itu yakni untuk putra masing-masing Mukti Dermawan kelas 55 kg dan Budi Hendra (100 kg).

Selain itu, ada juga andalan pejudo putri Riau yaitu Poni Trikurniati yang diturunkan pada PON XVIII untuk kelas 70 kg.

Sedangkan ketiga atlet tersebut merupakan andalan yang diprediksi mampu mendulang medali setelah mereka mengikuti berbagai kejuaraan di Indonesia.

Namun KONI Riau menetapkan bahwa atlet judo yang diturunkan pada PON sebanyak 16 orang, masing-masing delapan putra dan putri berbagai kelas.

Pihaknya, katanya, telah menjalani program sesuai arahan dari Pengurus Provinsi PJSI Riau bahwa atlet Pelatda PON harus melakukan pemusatan latihan secara penuh dengan disiplin tinggi.

Sebelumnya, arena pertandingan cabang judo PON XVIII dipasang sejumlah kamera video untuk memantau semua lomba agar tidak menimbulkan protes bagi daerah lain.

Pada kamera itu juga dapat dihubungkan dengan rekaman video yang bila terjadi protes dapat diulang kembali gambar saat pertandingan.

Namun pemasangan kamera salah satunya bertujuan agar pada cabang judo bahwa atlet yang meraih juara tidak menyalahkan wasit.

Pihak pengurus juga mengajukan anggaran untuk membeli layar monitor bagi penonton yang lokasinya agar jauh dari arena pertandingan dapat melihat melalui layar, sama seperti saat laga sepak bola atau cabang olahraga lainnya.