37.133 pelanggan PLN di Pekanbaru dapat stimulus listrik, begini penjelasannya

id stimulus listrik,pln pekanbaru,wali kota pekanbaru,pln,berita riau antara,berita riau terbaru

37.133 pelanggan PLN di Pekanbaru dapat stimulus listrik, begini penjelasannya

Arsip foto. Kantor PLN Provinsi Riau di Kota Pekanbaru. (ANTARA/HO-PLN UIWRKR)

Pekanbaru (ANTARA) - PT PLN (Persero) menyatakan sebanyak 37.133 pelanggandi Kota Pekanbaru, di Provinsi Riau, mendapatkan stimulus listrik dari pemerintah untuk mengurangi dampak ekonomi dari wabah COVID-19.

"PLN bersama Pemerintah Kota Pekanbaru siap memastikan stimulus listrik dapat diterima oleh seluruh masyarakat Kota Pekanbaru yang berhak mendapatkannya," kata Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pekanbaru, Yuliandra Syahrial Nurdin di Pekanbaru, Selasa,

Ia menjelaskan 37.133 pelanggan yang mendapat stimulus listrik di Pekanbaru terdiri dari pelanggan R1 (rumah tangga) 450 Volt Amphere (VA) sebanyak 15.977 pelanggan. Kemudian pelanggan R1 900 VA subsidi sebanyak 20.976 pelanggan, dan bisnis daya 450 VA sebanyak 180 pelanggan.

Sebelumnya, pemerintah memutuskan untuk tetap memberikan stimulus sektor ketenagalistrikan kepada masyarakat dan pelaku usaha akibat pandemi COVID-19. Stimulus keringanan tersebut berupa diskon tarif tenaga listrik, dan pembebasan biaya beban atau rekening minimum yang kembali diperpanjang diperpanjang pada periode bulan April hingga Juni tahun 2021.

Yuliandra mengatakan bahwa stimulus periode bulan April hingga Juni 2021 sudah tersedia dan bisa dinikmati oleh pelanggan. Seperti program sebelumnya, penerima stimulus listrik dengan skema perpanjangan diskon bagi pelanggan subsidi, yakni pelanggan rumah tangga dengan daya listrik 450 VA dan 900 VA bersubsidi. Selain itu juga ada pelanggan bisnis kecil dengan daya listrik 450 VA dan industri kecil daya listrik 450 VA.

Menurut dia, mekanisme stimulus tarif tenaga listrik periode April-Juni 2021, yaitu pelanggan golongan rumah tangga daya 450 VA, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala. Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan reguler dan layanan khusus untuk keperluan industri, bisnis, dan sosial.

"Kami kembali mengingatkan, khususnya bagi pelanggan daya 450 VA pasca bayar, karena adanya perubahan besaran diskon stimulus maka mulai rekening bulan April 2021, pelanggan harus kembali melakukan pembayaran tagihan listrik," katanya.

Yuliandra menambahkan, untuk pelanggan 450 VA pra bayar, karena adanya perubahan besaran diskon stimulus, pelanggan tidak perlu lagi mengakses token baik melalui web, layanan whatsapp, maupun PLN Mobile, diskon stimulus didapatkan pada saat melakukan transaksi pembelian token.

Pelayanan PLN seperti laporan keluhan atau gangguan bebas biaya pulsa, pembayaran rekening listrik maupun pembelian token listrik bebas biaya admin, baca meter mandiri serta informasi terkait kelistrikan dan promo PLN bisa dengan mudah pelanggan akses melalui smartphone dengan mengistal Aplikasi PLN Mobile.

Sampai saat ini sekitar 30.950 pelanggan sudah menginstal dan menikmati layanan PLN dari Aplikasi PLN Mobile dari 408.000 pelanggan yang berada di Kota Pekanbaru.

Sementara itu, Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT berharap hadirnya stimulus listrik dapat meningkatkan produktivitas pelaku usaha serta daya beli masyarakat. Hal ini guna memulihkan perekonomian Kota Pekanbaru. "Untuk dapat menikmati layanan terkait stimulus atau layanan PLN lainnya. Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Pekanbaru untuk dapat mengunduh Aplikasi PLN Mobile melalui Playstore atau AppStore," katanya.

Baca juga: PLN Dumai Siaga untuk Ramadhan Amankan Pasokan Listrik

Baca juga: PLN Riau-Kepri siagakan 1.402 petugas jamin pasokan listrik Ramadhan

Baca juga: PLN targetkan listrik di Bengkalis terlayani dari jaringan Pulau Sumatera pada 2023
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar